Air Terjun Tiu Kelep Keindahan Tersembunyi di Lombok

Berkunjung ke Lombok tidak akan membuat Anda bosan karena banyak wisata yang ditawarkan. Bagi Anda yang menyukai udara sejuk dan segarnya air pegunungan, maka Air Terjun Tiup Kelep wajib masuk daftar kunjungan. Air terjun ini berada di daerah kaki gunung yang nuansa alaminya masih terjaga. Keindahan Tiu Kelep ini tidak kalah dari Air Terjun Sendang Gile yang sudah menjadi primadona di Lombok. Salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah lokasinya yang tersembunyi, dan belum banyak orang yang mengunjungi. Oleh sebab itu, cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari hingar bingar daerah perkotaan.

Bagaimana Cara Menuju Air Terjun Tiup Kelep?

air terjun tiu kelep
air terjun tiu kelep lombok

Agar sampai di Tiu Kelep, akses jalan yang dilewati sama dengan jalan menuju Air Terjun Sendang Gile. Rute dari pintu masuk hingga ke titik perpisahan antara jalan menuju Sendang Gile dan Tiu Kelep masih terbilang mudah. Anda akan melewati jalan dan tangga yang sudah dibuat rapi. Agar sampai di Air Terjun Tiup Kelep, Anda harus mengambil jalan ke kanan tepat sebelum jalan turun yang menuju ke Sendang Gile. Mulai dari jalan kecil inilah, perjalanan Anda akan sedikit menantang. Sepanjang jalan setapak ini Anda akan dibawa ke suasana hutan yang masih asri, dan dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Setelah melewati jalan setapak, akan terdapat tangga yang menjadi akses Anda menuju jembatan. Kemudian, Anda akan menyebrangi sungai yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Suasana hutan yang amat kental  sepanjang perjalanan membuat Anda akan merasa berada di tengah hutan. Perjalanan menuju Tiu Kelep memerlukan kehati-hatian yang ekstra karena jalannya belum serapi jalan menuju Sendang Gile. Selain itu, bebatuan yang ada digunakan untuk pijakan agak licin sehingga Anda harus mengenakkan alas kaki yang tidak licin, dan jika perlu gunakanlah kayu sebagai pegangan. Namun, jangan khawatir karena rasa lelah setelah berjuang menaklukan medan akan terhapus oleh keindahan air terjun tersembunyi ini. Sesampainya di sana, Anda akan disambut dengan papan bertulisan ‘Selamat Datang di Air Terjun Tiup Kelep.

Air Terjun Tiup Kelep Menyuguhkan Keindahan yang Memukau

Air Terjun Tiu Kelep lombok
Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep memiliki ketinggian kurang lebih 42 meter, dan air terjun ini juga bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras, dan membentuk sebuah kolam besar persis di bawah air terjun. Kedalaman kolam ini hanya sebatas pinggang orang dewasa dan memiliki dasar kolam yang tidak terjal sehingga Anda bisa berenang di kolam ini. Selain itu, terdapat mitos bahwa Anda akan awet muda apabila mandi di air terjun Tiu Kelep ini. Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, dan banyak menghabiskan waktu untuk berenang dan bermain air.

Selain air terjun yang menjulang tinggi, Anda akan dimanjakkan pula dengan pemandangan sekitar. Tiu Kelep ini dikelilingi oleh tebing, dan pepohonan hijau yang sangat rimbun sehingga semakin menyejukkan udara yang Anda hirup. Disarankan untuk membawa jajanan, minuman, dan bekal makanan lainnya karena tidak ada penjual makanan di air terjun ini. Namun, tetap ingat untuk tidak meninggalkan sampah di area air terjun sehingga kebersihan dan kealamiannya senantiasa terjaga. Selain itu, di air terjun ini juga tidak didirikan kamar ganti seperti halnya di Sendang Gile. Setelah puas bermain air dan menikmati keindahan Air Terjun Tiup Kelep Anda tinggal menyusuri jalan yang sama seperti jalan yang ditapaki saat datang tadi.

Demikian informasi mengenai Air Terjun Tiup Kelep yang merupakan salah satu air terjun di Lombok yang sangat diminati oleh para wisatawan lokal ataupun asing karena keasriannya.