Budaya Sebagai Objek Wisata di Indonesia

wisata jogjaSelain terkenal dengan potensi wisata dari sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki potensi wisata dari warisan kebudayaan yang kaya juga. Indonesia memiliki potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Keberagaman suku bangsa di Indonesia juga menymbangkan kekayaan bahasa yang dimiliki oleh Indonesia, selain itu keberagaman ras, agama, dan kepercayaan menjadi warna pelengkap keberagaman social budaya di Idnonesia. Setidaknya terdapat 700 suku di seluruh Indonesia. Artikel kali ini akan membahas mengenai objek wisata di Indonesia yang wajib anda kunjungi jika anda adalah penikmat wisata berbasis budaya local.

Setiap daerah di Indonesia pastinya memmiliki kekayaan budayanya masing masing. Namun, terdapat beberapa daerah di Indonesia yang khusu menawarkan fasilitas wisata berbasis kearifan local. Didalam daerahnya terdapat objek wisata di Indonesia yang memiliki sejarah maupun kekayaan budaya yang masih dijaga dari dulu hingga sekarang. Berikut ini adalah daftar nama kota yang dapat menjadi salah satu referensi perjalanan wisata budaya anda untuk mengeksplortasi lebih dalam mengenai obyek wisata di Indonesia yang berbasiskan kearifan dan kebudayaan lokal khas Indonesia.

  1. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki julukan daerah istimewa, karena system pemerintahan daerahnya yang berbeda sendiri. Yogyakarta masih memegang erat system kesulatanan, dimana pemimpin daerah masih dipilih menggunkaan system keturunan bukan pilkada seperti daerah lain. Yogyakarta juga masih memgang kuat kearifak lokalnya. Anda dapat mengunjungi keratin atau tempat tinggal bangsawan dan pejabat daerah dengan berbagai macam event atau ritual klasik yang masih sering dilaksanakan pada hari atau bulan tertentu.

  1. Kota Batu Malang

Kota batu yang terdapat di kabupaten malang juga memiliki akar budaya serta adat istiadat yang kuat. Jika anda berkunjung kesana terdapat beberapa event atau ritual kepercayaan yang masih dilakukan hingga sekarang. Yang lebih menarik lagi adalah anda berkunjung pada suku tengger.

  1. Aceh

Selain Yogyakarta, Indonesia juga memiliki daerah istimewa lain yaitu Aceh, jika Yogyakarta terkenal karena tredisi kejawaannya, Aceh kental dengan nuansa islam melayu. Sama halnya dengan Yogyakarta, pemerintah daerah Aceh memiliki otoritasnya sendiri dalam menjalankan pemerintahan. Ketika anda memasuki aceh maka anda akan melihat nuansa religius yang sangat kental, simbol utama kota aceh adalah masjid baiturrahman yang selamat dari bencana tsunami aceh silam.

  1. Bali

wisata baliBali, merupakan nama yang sudah tidak asing lagi para wisatawan, selain karena keindahan alam dan pantainya, bali juga memiliki kekayaan budaya bernuansa hindu yang kental. Di bali berbagai nilai dan norma hindu masih dijaga ketat dan pada momen tertentu anda akan melihat berbagai macam ritual dan acara yang diselenggarakan dalam memperingati beberapa hal.

Demikian sedikit informasi mengenai obyek wisata di Indonesia yang bernuansakan kekayaan budaya, semoga bermanfaat,