Daftar Wisata Lombok yang Tidak Boleh Terlewatkan

Untuk berlibur di Lombok tentu saja Anda memerlukan daftar wisata Lombok, karena dengan daftar ini Anda tidak akan bingung tujuan wisata Anda setelah Anda sampai di pulau Lombok ini. Sebagai warga negara Indonesia tentu saja sudah mengenal lebih dulu pulau Lombok. Pulau Lombok ini merupakan pulau yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan. Baik itu wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Lombok mempunyai banyak tempat-tempat wisata yang cukup indah dan unik. Oleh karena itu, Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Lombok lebih baik Anda mempunyai daftar wisata Lombok terlebih dahulu. Sehingga ketika Anda sudah tiba di sana Anda tinggal menuju lokasi wisata tanpa harus menimbang-nimbang lagi harus pergi kemana. Karena merupakan sebuah pulau, Lombok tentunya tidak hanya mempunyai wisata alam saja, masih banyak juga wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi di Lombok.

Wisata Budaya

desa sade di lombok

Sebagai negara kepulauan yang mempunyai banyak budaya, tentu saja Lombok juga mempunyai budaya sendiri. Beberapa daftar wisata Lombok adalah wisata budaya seperti Desa Sade, Desa Sukarara, Desa Banyumulek, dan tempat lainnya. Warga yang tinggal di desa ini merupakan suku sasak suku asli pulau Lombok. Di desa-desa ini adat istiadat dari nenek moyang suku sasak ini masih berlaku, seperti menenun, pembuatan gerabah, mengepel dengan kotoran hewan, rumah adat, dan masih banyak lagi adat-adat yang masih diterapkan. Bahkan untuk anak yang masih kecil saja sudah diajarkan untuk selalu menerapkan tradisi dari suku sasak ini, sehingga kebudayaan di Lombok ini tidak akan pudar begitu saja oleh perkembangan zaman yang modern. Ketika Anda berkunjung ke desa-desa ini, Anda dapat belajar banyak dari suku sasak, baik itu bagaimana cara menenun, membuat gerabah, bahkan Anda juga bisa membelinya sebagai cinderamata.

Wisata Agama

Pura Lingsar
Pura Lingsar

Tidak hanya tempat wisata budaya saja yang cukup berkesan untuk dikunjungi, adapun wisata agama yang juga harus Anda kunjungi. Misalnya seperti Pura Lingsar, dan Masjid Bayan Beleq. Pura Lingsar ini dianggap sangat suci karena melambangkan keharmonisan dari beberapa agama. Pura ini juga tidak hanya dijadikan tempat ibadah oleh agama Hindu saja, tetapi dulu pernah juga dijadikan tempat ibadah untuk agama islam. Dimana islam disini adalah islam yang belum sempurna yang masih mengikuti agama ibunya. Oleh sebab itu Pura ini disebut sebagai tempat toleransi yang sangat tinggi. Begitupun juga dengan Masjid bayan Beleq. Masjid ini meupakan peninggalan sejarah, dimana sekarang masjid ini dijadikan makam seorang tokoh agama islam di Lombok. Memang Lombok terkenal dengan agama Hindunya, namun jangan salah bahwa Lombok juga mempunyai sebutan nama seribu masjid. Maka, bagi Anda yang berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk memasukan wisata agama kedalam daftar wisata Lombok Anda.

Wisata Alam

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Untuk wisata yang satu ini mungkin sudah berada dalam daftar wisata Lombok teratas Anda. Bagaimana tidak, suatu pulau seperti Lombok ini pastinya mempunyai banyak pantai dengan pemandangan yang indah. Pantai-pantai di Lombok juga mempunyai keunikan tersendiri sehingga akan membuat penasaran wisatawan. Seperti Pantai Pink dengan pasirnya yang berwarna pink, Pantai Tanjung Aan dengan pasirnya yang berbentuk seperti merica, Pantai Kuta Lombok, dan pantai-pantai lainnya. Yang uniknya lagi pulau Lombok yang mempunyai pulau kecil yang disebut dengan gili ini juga cukup lumayan jumlahnya dan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Tidak heran wisata alam selalu menjad wisata favorit bagi hampir setiap wisatawan.

Nah, bagaimana? Cukup banyak bukan daftar wisata Lombok yang dapat Anda kunjungi ketika Anda berencana untuk berlibur ke Lombok. Sebagai warga negara yang baik yang menjunjung tinggi kebudayaan dan kerohanian sebaiknya wisata-wisata tadi tidak boleh Anda lewatkan dalam daftar perjalanan Anda.