Desa Banyumulek Penghasil Gerabah yang Terkenal sampai Mancanegara

Lombok memiliki beragam desa wisata yang bisa Anda kunjungi untuk melihat bagaimana kehidupan penduduk Lombok. Salah satu yang terkenal adalah Desa Banyumulek yang terkenal sebagai desa penghasil kerajinan gerabah khas Lombok. Kerajinan gerabah ini sudah berdiri sejak tahun 70-an, dan sampai sekarang sudah banyak barang yang diimpor ke luar Indonesia. Permintaan yang liar biasa banyaknya membuat para pengrajin gerabah di Desa Banyumulek melakukan produksi secara masif. Ketika mengunjungi Desa Banyumulek, Anda akan melihat bagaimana cara pembuatan gerabah dan Anda juga bisa langsung membuatnya. Gerabah yang diproduksi oleh para pengrajin di desa ini antara lain gentong air, kendi dan tempat sampah, vas bunga, hiasan dinding, dan ukiran.

Apa yang Menjadi Ciri Khas Desa Banyumulek?

Desa Banyumulek terkenal sebagai pusat penghasil gerabah khas Lombok, maka tidak heran apabila sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin gerabah. Gerabah yang diproduksi berasal dari tanah liat dan keramik, namun seiring perkembangan jaman permintaan gerabah keramik lebih tinggi dibandingkan dengan gerabah tanah liat. Sebenarnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Gerabah tanah liat, misalnya, lebih cocok untuk menyimpan makanan karena lebih awet dibandingkan gerabah keramik, dan harganya pun lebih murah. Namun, gerabah keramik dinilai memiliki banyak kelebihan sehingga gerabah tanah liat seringkali dijadikan hiasan saja. Selain itu, kualitas gerabah yang dihasilkan pun selalu bagus.

Pengrajin gerabah Banyumulek sudah menganggap gerabah sebagai kebudayaan yang harus dijaga sehingga mereka tidak main-main ketika membuat gerabah tersebut. Kualitas terbaik merupakan prioritas yang selalu mereka jaga sejak dahulu. Oleh sebab itu, hasil gerabah Banyumulek selalu laris di pasaran lokal maupun internasional. Selanjutnya, ciri khas dari desa wisata ini adalah masyarakatnya yang sangat menjunjung tinggi tanah kelahiran. Rata-rata masyarakat Desa Banyumulek terus melestarikan kebudayaan yang diturunkan oleh generasi sebelumnya. Kearifan lokal Banyumulek merupakan suatu hal yang wajib dijaga oleh seluruh masyarakat Banyumulek. Oleh sebab itu, saat menginjakkan kaki di desa ini, Anda akan menemukan kehidupan khas para penduduk Lombok.

Dua Fakta Penting yang Anda Harus Ketahui dari Desa Banyumulek

Fakta yang pertama adalah desa Banyumulek merupakan pusat penghasil gerabah yang terbesar. Produksi gerabah yang masif selalu dilakukan oleh para pengrajin mengingat bahwa begitu banyaknya permintaan yang datang. Hal yang menariknya adalah, desa Banyumulek ini memiliki wilayah yang agak sempit, namun memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu, mereka sanggup memproduksi gerabah dalam jumlah banyak, dan tetap menjaga kualitas dari masing-masing gerabah tersebut. Dapat dibayangkan betapa terampilnya tangan mereka, bukan? Desain yang mereka buat pun sangat indah dan beragam. Selain itu, berbagai gerabah pun mereka produksi baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau pun sebagai hiasan rumah dan kantor.

Fakta selanjutnya adalah gerabah khas Desa Banyumulek ini tidak hanya terkenal di area lokal, namun sudah menembus ke internasional. Negara yang sering menjadi tujuan impor antara lain Amerika Serikat, Malaysia, Spanyol, Italia, dan negara lainnya. Hal tersebut tidak begitu mengherankan sebenarnya, mengingat bahwa para pengrajin selalu menjaga kualitas barang produksinya. Barang lokal berkualitas yang mampu menembus pasar dunia merupakan kebanggaan tersendiri bagi Lombok dan Indonesia. Jadi, masih ragukah Anda untuk mendatangi pusat gerabah yang sudah mendunia ini? Tentu saja tidak.

Demikian informasi tentang objek wisata Desa Banyumulek dengan kerajinan gerabahnya yang terkenal hingga ke mancanegara. Selamat berlibur.