Yuk Kenali Desa Sade di Pulau Lombok

Pulau Lombok adalah sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat dan memiliki luas wilayah yaitu sekitar 1.804 M kubik. Letak Pulau Lombok ini juga berdekatan dengan Pulau yang cukup terkenal yang ada di sebelahnya yaitu Pulau Bali. Pulau Lombok dan Pulau Bali memang memiliki daya tarik yang sangat besar yang membuat sangat banyak sekali wisatawan asing yang ingin datang mengunjungi Indonesia ini. Dari keduanya, Pulau Lombok dan Pulau Bali sama-sama memiliki keindahan alam yang sangat indah. Namun, dari segi budayanya, Pulau Lombok masih memiliki budaya yang cukup kental. Bahkan warga-warga yang ada di Pulau Lombok pun masih ada yang asli dari suku Sasak. Anda bisa menemukannya di Desa Sade di Pulau Lombok. Penasaran dengan Lombok dan seisinya? Artikel di bawah ini akan menjawabnya.

Desa Sade di Pulau Lombok
Desa Sade di Pulau Lombok

Mengenal Desa Sade di Pulau Lombok

Mungkin banyak yang masih belum mengetahui tentang Desa Sade di Pulau Lombok ini, Desa Sade merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Jika Anda berkunjung ke Desa Sade ini, maka Anda akan menjumpai banyak sekali warganya yang masih asli suku Sasak. Suku Sasak ini merupakan sebuah suku asli dari Pulau Lombok ini. Desa Sade ini memiliki ukuran desa yang tidak cukup luas, mungkin hanya sekitar 6 hektar dan ditinggali tidak sampai mencapai 200 kepala keluarga. Bagi Anda yang mungkin tidak mengetahui Bahasa yang digunakan di Desa Sade ini, maka jangan khawatir karena di Desa Sade juga sudah terdapat beberapa tour guide yang akan memandu siapapun wisatawan yang ingin pergi melihat-lihat Desa Sade ini.

desa sade lombok
desa sade lombok

Desa Sade di Pulau Lombok ini memang memiliki tatanan yang sangat rapi dan sangat bersih, maka dari itu banyak wisatawan yang betah berlama-lama di desa ini. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa warganya yang sedang menenun atau sedang membuat aneka kreasi gerabah. Lombok memang terkenal kain tenun ikatnya, salah satu desa yang warga-warganya membuat kerajinanya sendiri yaitu di Desa Sade. Ada warga yang juga tak segan untuk menawarkan jika Anda ingin belajar menenun. Sangat menarik bukan? Namun selain Desa Sade, masih ada beberapa desa yang juga memiliki keindahan alam serta daya tariknya tersendiri. Seperti Desa Banyumulek dan Desa Sukarara.

Beberapa Desa Selain Desa Sade di Pulau Lombok

desa sukarara lombok
desa sukarara lombok

Ada beberapa desa lainnya yang juga masih cukup kental dengan budaya dan suku asli Pulau Lombok ini selain Desa Sade di Pulau Lombok. Beberapa desa tersebut yaitu Desa Banyumulek dan Desa Sukarara. Lokasi desa yang paling dekat dengan Desa Sade yaitu Desa Sukarara, di desa ini juga para warganya membuat aneka kerajinan tangan terutama kain tenun, sedangkan di Desa Banyumulek para warganya kebanyakan membuat aneka gerabah yang dibuat menjadi vas bunga, guci, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Dengan segala keindahannya, wisata Lombok memang menjadi sasaran para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini. Beberapa desa tersebut seperti Desa Sade di Pulau Lombok, Desa Sukarara, dan Desa Banyumulek membuat wisata di Pulau Lombok ini semakin banyak diminati oleh para wisatawan lokal dan wisatawan asing. Jadi, jika Indonesia memiliki segudang kekayaan alam dan budayanya, mengapa harus pergi ke luar negeri? Yuk eksplore keindahan alam di Indonesia sekarang juga, tunggu apa lagi?