Graha Bunda Maria Annai Velangkanni, Sebuah Gereja Unik Dari Pulau Sumatera

Ketika Anda berkunjung ke Pulau Sumatera, pernahkah mengunjungi tempat wisata yang memiliki aura aura keagamaan ? atau mengunjungi sebuah rumah ibadah dengan corak bangunan yang bercampur dengan corak gaya rumah ibadah agama lain ? Ya, apabila Anda sedang di Pulau Sumatera tepatnya di Kota Medan janganlah lupa untuk mengunjungi rumah peribadahan Graha Bunda Maria Annai Velangkanni yang terkenal unik namun tetap tampak megah.

Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Sumatera

gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni
gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Gereja ini apabila dilihat dari luar maka akan tampak seperti vihara orang hindu di India. Ya, bangunannya pun dibentuk berundak undak dengan warna dominan biru sehingga orang akan terkecoh apabila melihat bangunan tersebut dari jauh karena gereja ini sangat mirip dengan vihara dari Negara India. Tapi, cobalah Anda perhatikan secara seksama, pada bagian pucuk gereja tertancap simbol salib yang menandakan bahwa bangunan unik ini adalah sebuah gereja di Kota Medan.

Meskipun menjadi tempat peribadahan umat Kristen di Kota Medan, namun gereja ini dapat dikunjungi oleh siapapun tanpa memandang latar belakang agama sehingga bagi Anda yang ingin melihat atau mengunjungi gereja sangat diperbolehkan asalkan menjaga sopan santun serta etika yang berlaku di kawasan gereja tersebut.
Desain dari gereja ini pun juga menganut desain campuran Indo Mogul yang juga terinspirasi oleh sebuah gereja yang ada di India Selatan. Tujuan dibangunnya dari Graha Bunda Maria Annai Velangkanni ini adalah sebagai tempat peribadatan sekaligus untuk mengakomodasi kebutuhan rohani dari orang orang khatolik yang masih memiliki keturunan India dan jumlahnya relatif banyak di Kota Medan tersebut.

Keunikan Gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni
Gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Gereja ini dibangun pada tahun 2001 dan di desain oleh pastor yang masih keturunan India yakni James Bharataputra yang dibantu langsung oleh ahli kontruksi bangunan yakni Johannes Tarigan. Gereja ini memiliki 2 lantai dan akan tampak menarik apabila menyambut datangnya perayaan natal. Jadi, gereja ini juga sangat cocok untuk Anda kunjungi apabila sedang berkunjung ke Kota Medan dengan hanya melihat lihat ataupun sekedar berfoto di sekitar kawasan gereja tersebut. Gereja ini di klaim menjadi gereja satu satunya dengan desain bangunan yang memiliki perpaduan corak antar agama di Pulau Sumatera dan juga satu satunya di Indonesia serta menjadi nomor dua di Dunia mengingat gereja model tersebut juga dibuat di India Selatan.

Anda tak perlu khawatir terkait akses jalan menuju gereja tersebut. Karena gereja ini berada di pusat Kota Medan lebih tepatnya di Jalan Sakura III no 7 – 10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Kota Medan, Sumatera Utara. Jadi Anda tidaklah susah untuk menuju ke kawasan wisata gereja yang masih menjadi kawasan wisata sumatera tersebut. Graha Bunda Maria Annai Velangkanni ini buka setiap harinya. Kapanpun Anda bisa kapan pun untuk berkunjung ke gereja tersebut. Di bagian dalam gereja terdapat beberapa relief Bunda Maria serta beberapa patung Yesus dan tak lupa beberapa corak khas Negara india juga ada di dalam gereja tersebut. Jadi suatu pengalaman tersendiri apabila Anda menyempatkan berkunjung ke Gereja paling unik di Indonesia tersebut.

Untuk akses transportasi menuju gereja, Anda dapat naik taksi langsung menuju ke kawasan gereja atau menggunakan bentor dengan biaya antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000 atau bisa pula menggunakan angkutan umum jalur apapun dan berhentilah di Terminal Pinang Baris kemudian naik angkutan umum lainnya dan turunlah ke daerah Asam Kumbang.