Inilah Daftar Wisata Lombok Terpopuler

Liburan saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan wajib manusia. Begitu banyak manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menjalani suatu liburan. Salah satu daerah di Indonesia yang saat ini menjadi destinasi wisata terfavorti bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu Lombok. Begitu banyak pesona alam yang Lombok tawarkan dengan berbagai keindahan dan juga keeksotisan alamnya. Tidak cukup sampai disitu, Lombok juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masih melestarikan kearifan budaya lokal masyarakatnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik lebih untuk Anda bisa berkunjung ke Lombok. Berikut beberapa daftar wisata Lombok terpopuler.

 

3 Daftar Wisata Lombok Terpopuler

Selain menawarkan berbagai macam keindahan alamnya yang begitu mempesona, Lombok juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masih tetap menjaga kearifan budaya lokal masyarakat setempat. Bahkan pemerintah daerah setempat menjadikan beberapa tempat di Lombok sebagai destinasi wisata budaya bagi para wisatawan. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Lombok, berikut 3 di antara tempat-tempat terpopuler di Lombok.

  1. Desa Sade

Salah satu destinasi populer di Lombok yang menyuguhkan berbagai keunikan budaya lokal masyarakat Lombok yaitu Desa Sade. Tempat wisata ini terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini memiliki luas 5,5 hektare dan terdapat 150 rumah tradisional yang terdiri dari 700 penduduk. Satu hal yang menarik dari lokawisata budaya ini yaitu semua penduduk disini masih dalam satu keturunan keluarga. Wow, suatu hal yang jarang terjadi tentunya di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini tentunya dikarenakan masyarakat setempat melakukan perkawinan antar saudara yang menurut mereka pernikahan seperti ini mudah dan cukup murah jika dibandingkan dengan menikah dengan seseorang dari desa lain. Selain itu rumah tradisional di tempat wisata budaya ini memiliki bentuk bangunan yang seperti masjid. Ini merupakan suatu ciri khas bangunan yang dimiliki Suku Sasak. Selain itu, bangunan di sini juga dibuat menggunakan pagar anyaman dari bambu, dan tiang terbuat dari kayu, dengan atap yang terbuat dari alang-alang kering. Dengan berbagai keunikan yang ditawarkan di tempat ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk Anda bisa mengunjunginya. Maka tidak berlebihan rasanya jika menempatkan Desa Sade dalam daftar wisata Lombok terpopuler saat ini.

  1. Pura Lingsar

Merupakan bagian dari daftar wisata Lombok terpopuler bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pura ini merupakan pura terbesar yang berada di Lombok. Selain menjadi tempat beribadah oleh penduduk setempat, pura ini juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di tempat ini juga sering diselenggarakan berbagai upacara keagamaan yang tentunya menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Satu hal menarik yang akan Anda temui disini, yaitu sebuah kewajiban untuk memakai selendang kuning yang dipakaikan pada pinggang. Ini merupakan sebuah simbol kehormatan terhadap kesucian pura ini sendiri.

  1. Hutan Baun Pusuk

Salah satu alasan yang menjadikan Lombok sebagai tujuan utama liburan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu keindahan alamnya. Begitu banyak pesona alam Lombok yang akan membuat Anda berdecak kagum. Salah satu bagian dari banyaknya daftar wisata Lombok terpopuler yaitu Hutan Baun Pusuk. Tempat ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat. Cukup mudah untuk Anda menjangkau lokawista ini. Di sepanjang perjalanan menuju tempat ini, Anda akan melihat berbagai pemandangan alam yang begitu menawan. Deretan pohon-pohon besar semakin menambah keeksotisan wisata alam ini. Selain itu, Anda juga akan menemukan minuman khas Lombok disepanjang perjalanan menuju ke Hutan Baun Pusuk. Minuman tradisional ini sering disebut tuak manis oleh penduduk sekita. Tidak cukup sampai disitu, dikawasan hutan lindung ini juga terdapat berbagai monyet jinak yang tentunya akan menambah kesenangan suasana liburan Anda.

Demikianlah beberapa daftar wisata Lombok terpopuler yang wajib Anda kunjungi. Dengan beberapa keindahan dan juga kearifan budaya lokal yang dimilikinya, tidak salah rasanya jika menempatkan Lombok Barat ke urutan pertama di daftar tempat liburan Anda.