Mencoba Kuliner khas Lombok yang Menggugah Selara

Lombok memiliki banyak sekali tempat wisata salah satunya wisata kuliner khas Lombok yang tentunya tidak boleh terlewatkan karena di setiap daerah mempunyai kuliner khas masing-masing. Lombok merupakan suatu pulau dengan banyak sekali tempat wisata yang dimilikinya. Seperti wisata alam yang tentunya sudah tidak diragukan lagi keindahannya, wisata budaya dengan keunikan adat istiadatnya yang masih sangat dijaga, dan tentunya ada juga wisata kuliner. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai ciri khas tersendiri dalam sebuah masakan kulinernya, salah satunya adalah kuliner khas Lombok yang mempunyai ciri khas yaitu bumbu rempahnya cukup pedas karena kebanyakan masyarakat Lombok ini menyukai makanan pedas. Bagi Anda yang berlibur ke Lombok, Anda tentu saja tidak boleh melupakan kuliner-kuliner Lombok yang tentunya sangat beragam. Mulai dari sayur, nasi, ayam, bahkan makanan manis pun ada. Nah, berikut ini terdapat beberapa makanan khas Lombok yang dapat Anda nikmati.

Plecing Kangkung

Jika dilihat dari namanya makanan ini sudah terbayang bukan seperti apa? Tetapi yang membedakan makanan jenis ini dengan kuliner khas Lombok adalah dari bahannya. Dimana plecing kangkung ini terbuat dari bahan kangkung Lombok yang mempunyai batang yang lebih besar dan juga ditanam di sungai mengalir dengan metode tertentu. Sedangkan untuk kangkung jenis lain biasanya di tanam di tanah bukan? Plecing kangkung ini dibuat dengan cara direbus dengan sambal tomat, biasanya akan disajikan bersamaan dengan ayam taliwang. Agar menambah rasa segar dimulut kebanyakan orang biasa untuk menambahkan jeruk nipis kedalam plecing kangkung ini. Untuk rasanya sendiri, jangan diragukan lagi plecing kangkung ini mempunyai rasa yang pedas. Terkadang plecing kangkung disajikan dengan menggunakan tauge, kacang panjang, dan juga kacang tanah. Jika Anda berminat untuk mencobanya Anda bisa dating ke berbagai rumah makan karena makanan ini dapat ditemui di berbagai rumah makan.

Kelaq Sebie

Kelaq sebie ini merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan saat Anda sedang berlibur ke Lombok. Sama halnya seperti makanan lain, kelaq sebie juga merupakan makanan yang sangat pedas bahkan terbilang paling pedas karena berbahan utama dari cabe rawit. Cabe di potong sampai dengan pedasnya keluar dan ditambahkan bumbu bawang merah, bawang putih, terasi, garam, penyedap, dan santan kental. Kelaq sebie juga dapat ditembahkan dengan makanan lain seperti tongkol, kacang panjang atau terong. Jika Anda yang menyukai pedas sepertinya kelaq sebie ini akan sangat cocok untuk Anda.

Sate Tanjung

Sate tanjung juga merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang tidak boleh Anda lewatkan. Sate tanjung ini berasal dari Kecamatan Tanjung Lombok Utara. Sate ini cukup berbeda dengan sate yang berada di daerah lain karena jika sate lain terbuat dari ayam,sapi atau kambing, maka untuk sate tanjung sendiri terbuat dari ikan laut. Biasanya ikan laut yang digunakan untuk bahan sate tanjung adalah ikan cikalang atau ikan langoan. Sate tanjung ini mempunyai rasa gurih dari santan dan pedas manis manis dari bumbu rempah. Sedangkan untuk penyajiannya sendiri sate tanjung ini cukup unik, dimana sate akan disajikan diatas opak yang terbuat dari singkong. Sate tanjung juga dapat disajikan dengan nasi atau lontong sama dengan sate lainnya, terkadang ada juga yang menyajikannya dengan menu plecing kangkung atau urap sayur.

Nah itulah beberapa kuliner khas Lombok yang dapat Anda nikmati. Sebenarnya masih sangat banyak makanan lain seperti ayam talinwang dan sebagainya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan makanan tersebut di sekitaran Lombok. Bagaimana perut Anda sudah lapar? Segera saja untuk wisata kuliner, dan jangan lupa untuk tidak melewatkan makanan satu pun.