Nama Tempat Wisata Di Lombok Untuk Wisata Budaya

Selain keindahan alamnya yang banyak dikagumi orang, Indonesia juga memiliki keindahan budaya yang tak jemu-jemunya dipuji. Sebagai salah satu negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia, Indonesia mewarisi lebih dari seratus budaya asli yang bahkan masih bisa ditemui hingga saat ini. Salah satu daerah di Indonesia yang masih memiliki budaya asli hingga sekarang adalah Lombok. Warisan budaya di Lombok bahkan sudah menjadi nama tempat wisata di Lombok yang ramai dikunjungi orang.

Lombok, Budaya dan Alamnya yang Terjaga Menarik Untu Nama Tempat Wisata di Lombok

Lombok memang tempat yang spesial. Lombok memang menjadi primadona masyarakat di berbagai belahan dunia yang suka berwisata. Lombok tak hanya terkenal karena keindahan alamnya saja, seperti pantai, gunung dan pemandangan bawah lautnya. Lombok juga dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang masyarakatnya masih menjaga adat dan istiadat aslinya dengan sangat baik. Lombok merupakan daerah tempat asal Suku Sasak dan sampai saat ini masyarakat Lombok yang asli dari Suku Sasak masih dapat ditemui, beserta berbagai warisan tradisionalnya seperti rumah, kain adat, upacara adat, bahasa adat, dan lain-lain sehingga banyak nama tempat wisata di Lombok.

Wisata Budaya dengan Mengunjungi Desa Asli Sebagai Tempat Tujuan Wisata

Nah, untuk Anda yang sudah mulai penasaran dengan nama tempat wisata di Lombok yang dapat menambah wawasan Anda tentang budaya asli Indonesia, berikut adalah beberapa referensi tempat wisata yang menarik untuk Anda dari sisi budayanya.

  1. Desa Sade
desa sade lombok
desa sade lombok

Desa Sade sebenarnya merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Rambitan Kecamatan Pujuk Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Oleh pemerintah Lombok, Desa Sade ditetapkan menjadi desa tujuan wisata. Walaupun menjadi desa wisata, tepai penduduk di desa ini yang merupakan Suku Sasak asli Lombok seperti tak terpengaruh oleh budaya modern yang negatif. Hal ini dapat dilihat dari masih terjaganya rumah-rumah adat Suku Sasak yang terbuat dari bambu dan alang-alang. Selain itu, penduduk di Desa Sade juga masih mempertahankan tradisinya hingga saat ini seperti upacara adat dan bahasa asli.

  1. Taman Nermada

    Taman Narmada
    Taman Narmada

Nama tempat wisata di Lombok selanjutnya yang cocok untuk wisata budaya adalah Taman Nermada. Taman ini adalah taman yang usianya sudah sangat tua, karena merupakan warisan dari Raja Anak Agung yang merupakan raja dari Kerajaan Mataram. Taman Nermada adalah sebuah taman yang memiliki nilai sejarah dan merupakan tempat yang suci bagi masyarakat Hindu di Lombok. Taman ini dibuat sebagai replika dari Gunung Rinjani dan dahulu menjadi tempat beribadah bagi keluarga kerajaan Mataram. Dahulu beribadah dilakukan dengan mendaki Gunung Rinjani, kemudian untuk memudahkan dibangunlah taman yang merupakan replika dari Gunung Rinjani. Taman Nermada terletak di Lombok Barat dan memiliki pemandangan serta arsitektur yang sangat indah, padahal sudah dibangun sejak ratusan tahun lalu. Layaknya taman modern, taman ini dilengkapi dengan kolam-kolam dan berbagai tetumbuhan yang membuat taman ini menjadi semakin cantik.

  1. Desa Sukarara
desa sukarara tenun
desa sukarara tenun

Bukan hanya Desa Sade saja yang menjadi desa wisata dengan budaya Sasak yang masih terjaga, tetapi ada juga Desa Sukarara. Desa Sukarara adalah sebuah desa yang memiliki rumah-rumah adat yang masih terjaga. Selain itu, di desa ini, Anda dapat membawa oleh-oleh berupa kain tenun khas Lombok yang sangat indah. Kain tenun di Desa Sukarara adalah kain tenun buatan asli tangan perempuan Desa Sukarara.

Tempat wisata di Lombok bisa jadi menjadi tempat wisata paket komplit yang sangat menarik untuk dikunjungi.