Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Tempat wisata yang memiliki keindahan menakjubkan di Papua tidak hanya ada di Raja Ampat saja tapi terdapat beberapa tempat destinasi wisata lainnya yang cukup menarik dan sebagian besar juga belum banyak didatangi atau bahkan tidak diketahui oleh masyarakat umum, salah satu tempat wisata yang populer di Papua yaitu Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki luasan 1.453.500 hektar dan merupakan taman nasional laut terluas yang ada di Indonesia. Kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih mempunyai keanekaragaman flora serta fauna yang tersebar di daratan ataupun di lautan serta kawasan ini juga mempunyai peranan yang penting untuk penyangga kehidupan dunia.

Pesona Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman nasional teluk cendrawasih
Taman nasional teluk cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini mempunyai berbagai jenis ikan yang tidak kurang dari 209 jenis ikan di antaranya yaitu damselfish, butterflyfish, parrotfish, angelfish, rabbitfish, dan anemonefish. Terdapat juga hiu paus yaitu spesies hiu raksasa yang memiliki panjang mencapai 14 meter tapi merupakan hiu yang jinak dan tidak berbahaya untuk manusia karena hanya memangsa ikan-ikan kecil saja.

Ada juga ikan-ikan raksasa lainnya seperti paus biru (Balaenoptera musculus), Duyung (Dugong dugon), ketam kelapa (Birgus latro), lumba-lumba, dan hiu. Selain adanya berbagai macam jenis ikan anda juga bisa mengunjungi gua alam yang merupakan peninggalan pada zaman purba, sumber air panas yang memiliki kandungan belerang tanpa kadar garam, serta air terjun misowaar dan gua yang ada di dalam air dengan kedalaman 30 meter yang ada di Tanjung Mangguar.

Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkling, menyelam atau diving, wisata bahari dan melakukan pengamatan satwa di Pulau Nusrowi dan Pulau Roon. Ada juga tempat untuk melakukan pengamatan burung, wisata bahari dan penangkaran rusa di pulau rumberpon. Atau apabila anda menginginkan untuk melakukan pengamatan pada ikan paus dan lumba-lumba anda juga bisa mengunjungi perairan windesi dan pulau yoop.

Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih

wisata taman nasional teluk cendrawasih
wisata taman nasional teluk cendrawasih

Untuk dapat mengakses Teluk Cendrawasih ini terdapat tiga jalur yang bisa anda tempuh diantaranya yaitu sebagai berikut:
1. Bagi anda yang berangkat dari luar Papua dan menginginkan perjalanan via udara anda bisa menggunakan maskapai penerbangan dari kota anda dengan tujuan ke biak. Selain itu ada juga maskapai penerbangan dari Jayapura yang bisa melayani penerbangan ke biak. Anda bisa memakai maskapai penerbangan menuju Nabire atau Manokwari.

2. Apabila anda ingin memakai jalur laut anda bisa memakai jasa transportasi laut dengan tujuan ke Nabire atau Manokwari setelah itu anda bisa memakai long boat ke pulau rumberpon di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan.

3. Apabila anda menginginkan menggunakan jalur darat anda hanya memiliki jalur darat dari Manokwari. Di sana anda akan melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam ke ranshinki lalu dilanjutkan dengan motorboat selama 2,5 jam.

Di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini tidak terdapat Hotel, biasanya pengelola atau pemandu wisata penyelaman akan memberikan tinggal di atas kapal ataupun biasa disebut dengan Live aboard antara 4 hingga 10 hari saja. dengan memilih live aboard, maka semua keperluan harian anda sudah disiapkan mulai dari tempat tidur, air tawar, minuman, makanan, peralatan dan pemandu diving. Namun apabila anda tidak menginginkan bermalam di dalam kapal maka alternatif yang akan ditawarkan yaitu Pondok Wisata BTNTC yang ada di pulau rumberpon. Namun apabila anda ingin bermalam di sini anda juga harus menghubungi pihak BTNTC lebih dulu. Atau apabila anda tidak ingin repot anda dapat bermalam di rumah-rumah para warga yang menyediakan sewa jasa Homestay. Apabila anda ingin menginap disebuah Resort anda bisa mencoba di AHE dive Resort. Paket yang ditawarkan yaitu mulai dari USD 1120 untuk satu minggu. Dengan fasilitasnya yang meliputi transfer, pemandu dan makanan.

Demikianlah ulasan yang dapat kami berikan Pada kesempatan kali ini mengenai Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Semoga dapat menambah wawasan anda dan terima kasih atas kunjungannya.