Pantai Paling Indah di Lombok yang Harus Kita Kunjungi

Wisata alam terutama pantai telah menjadi daya tarik utama Pulau Lombok. Banyak wisatawan dari luar pulau dan bahkan dari luar negeri yang datang berkunjung ke pulau ini hanya untuk berwisata ke pantainya. Banyak pantai yang luar biasa indah di Lombok, namun pantai paling indah di Lombok bisa jadi adalah Pantai Tangsi. Nama lain dari pantai ini yang lebih terkenal adalah Pantai Pink. Dinamakan demikian karena warna pasir pantainya yang merah muda atau pink. Di seluruh dunia, hanya ada tujuh pantai yang memiliki warna pasir merah muda, dan dua di antaranya ada di Indonesia, yaitu di Flores dan Lombok.

Pantai Paling Indah di Lombok
Pantai Paling Indah di Lombok

Lokasi Pantai Paling Indah di Lombok

Pantai Tangsi terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru dan termasuk kawasan Lombok Timur. Sebelum pantai paling indah di Lombok ini menjadi destinasi wisata, ternyata ia merupakan pantai transit untuk nelayan-nelayan dari desa Tanjung Luar. Warna pink pada pasir pantai ternyata bukan tanpa sebab. Butir asli pasir yang berwarna putih bercampur serpihan karang berwarna merah muda. Inilah yang menyebabkan pasir pantai tampak berwarna pink atau merah muda. Pantai Pink juga terbilang tenang karena ombaknya yang kecil sehingga relatif aman serta tidak membahayakan. Pantai terlihat semakin indah berkat hamparan bukit di sekelilingnya. Terdapat pula tanjung yang sangat eksotis pada sisi kanan serta gazebo yang disediakan.

pantai tangsi di lombok
pantai tangsi di lombok

Rute menuju pantai paling indah di Lombok ini akan membawa kita membelah hutan lindung Sekaroh. Jarak yang harus ditempuh adalah sepuluh kilometer melewati jalanan aspal berlubang dari desa Pemongkong. Untuk urusan bekal makanan, akan sangat disarankan bagi kita untuk membawanya sendiri dari rumah atau membeli di warung Kecamatan Jerowaru. Ini karena kita tidak akan menemukan penjual makanan di sepanjang jalan. Apabila masih kurang puas menikmati keindahan Pantai Pink, kita bisa menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil atau Gili yang jaraknya sekitar dua kilometer dari bibir pantai. Terdapat pula gua peninggalan Jepang yang ada di bukit pada sisi tengah dari pantai.

Menikmati Keindahan Pantai Paling Indah di Lombok

Daya tarik utama dari Pantai Pink selain warna pasir pantainya adalah keadaan yang masih sepi. Hal ini terutama karena pantai paling indah di Lombok ini tergolong susah dijangkau. Pantainya terbilang masih alami dan suasananya sangat tenang. Kita akan merasa seperti tengah berwisata di pantai pribadi saat berkunjung kemari. Kealamian pantai terlihat dari tidak adanya sampah berserakan di sekitar lokasi pantai. Inilah yang membuat Pantai Pink bagai surga para wisatawan. Pantai ini juga sangat direkomendasikan untuk para traveler ataupun backpacker yang hendak berwisata ke Pulau Lombok.

snorkeling pink beach
snorkeling pink beach

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai paling indah di wisata Lombok ini di antaranya adalah snorkelling, menyelam serta memancing. Untuk snorkelling, kita harus membawa peralatan sendiri karena tidak ada tempat penyewaan alat yang ada di sana. Kita juga dapat menyewa perahu milik nelayan untuk berkeliling di gugusan pulau-pulau kecil dengan jarak dua kilometer dari tepian pantai. Untuk akomodasinya, belum tersedia penginapan di sekitar pantai. Disarankan untuk kembali ke penginapan di Jerowaru atau pusat kota pada sore hari. Lokasinya sendiri cukup jauh dari pusat Kota Mataram dan rutenya sama seperti rute menuju Pantai Tanjung Ringgit. Tertarik untuk menghabiskan akhir pekan di Pantai Pink Lombok ini?