Pantai Tanjung Aan Sebagai Wisata Lombok Terbaik

Selain Pulau Bali, Pulau Lombok memang memiliki banyak pantai yang sangat cantik, terutama untuk pantai-pantai di wilayah Pulau Lombok bagian selatan. Pantai-pantai di Lombok juga termasuk dalam daftar wisata Lombok terbaik yang harus Anda kunjungi. Salah satu tempat wisata pantai terbaik di Lombok yang harus masuk ke dalam daftar wisata Lombok adalah pantai yang menajdi tempat asal sang Puteri Mandalika yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang sekitar 2 kilometer dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang luas. Sesampainya di Pantai Tanjung Aan, Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda yaitu pasirnya tidak seeprti pasir di pantai-pantai lainnya. Pasir di pantai ini berbentuk bulat seperti merica.

Wisata Lombok Terbaik untuk Snorkling

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah wisata Lombok yang sangat tepat untuk Anda yang menyukai kegiatan seperti berenang dan snorkeling. Ombak disini cukup tenang, kedalamannya pun relative dangkal jadi Anda tidak perlu khawatir. Disini tersedia persewaan peralatan snorkeling yang berada tepat di pinggir pantai jika Anda lupa membawa peralatan snorkeling Anda. Saat sore hari tiba, biasanya permukaan air laut akan mulai naik, disaat seperti inilah banyak pengunjung yang berselancar. Jika Anda hanya ingin bersantai, tentu saja hal ini bisa Anda lakukan. Di sekitar pantai terdapat payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya yang bisa Anda gunakan untuk berbaring ataupun duduk santai.

wisata pantai Tanjung Aan
wisata pantai Tanjung Aan

Sebagai salah satu wisata Lombok terbaik, tentu saja Pantai Tanjung Aan memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Pantai ini dikelilingi oleh beberapa bukit. Anda bisa mendaki bukit tersebut jika ingin melihat pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian. Namun jika Anda tidak sanggup, maka cukup berbaring di bawah payung kayudi tepi pantai sambil menikmati es kelapa muda yang segar. Jika Anda lapar, Anda bisa menuju ke beberapa restoran yang berada tak jauh dari pantai. Restoran disini bervariatif dan menyajikan berbagai macam masakan yang pastinya akan meggoyangkan lidah Anda. Anda bisa mencicipi masakan setempat ataupun masakan internasional sembari menikmati pemandangan Pantai Tanjung Aan yang indah dan menakjubkan.

Wisata Lombok Terbaik Menawarkan Ritual Tradisional yang Sayang untuk Dilewatkan

Ritual Bau Nyale
Ritual Bau Nyale

Jika Anda mengunjungi Pantai Tanjung Aan pada bulan Februari, maka Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda daripada biasanya. Selain musim liburan, pada bulan inilah wisata Lombok terbaik tersebut ramai dikunjungi banyak orang. Karena pada saat bulan Februari inilah terdapat acara spesial yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan erat dengan legenda Pantai Tanjung Aan dan mitos dari masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika. Peuteri Mandalika adalah seorang puteri yang cantik namun memiliki nasib yang tragis. Sang puteri melompat dari bukit agar tidak dipersunting oleh seorang pangeran. Mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi cacing laut atau “Nyale”. Biasanya masyarakat akan berburu cacing laut dan dijadikan sebagai bahan untuk beberapa jenis masakan lokal.

Bagaimnaca cara mengunjungi Pantai Tanjung Aan? Bawalah kendaraan pribadi agar perjalanan Anda lebih nyaman. Pantai ini terletak 75 kilometer dari Kota Mataram. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan rute Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta – Tanjung Aan. Tidak disarankan untuk menggunakan angkutan umum karena akan membuang waktu Anda, karena itulah sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan saat Anda di Mataram.jangan lupa untuk mengunjungi wisata Lombok terbaik lainnya yang masih berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan.