Pemandian Alam Air Panas Lejja

Negara Kesatuan Republik Indonesia, itulah nama sebuah negara dengan sejuta pesona yang tersebar luas di seluruh wilayahnya. Alamnya yang begitu kaya dan indah, Indonesia seringkali mendapat julukan sebagai sebuah negeri pecahan surga yang jatuh ke dunia. Tidak hanya untuk saat ini saja, pesona dan kekayaan alam Indonesia telah memikat hati para penjelajah dunia di masa lalu. Banyaknya gunung-gunung api yang berdiri bagaikan paku bumi NKRI selain menyuburkan tanahnya juga membuat Indonesia kaya akan sumber air panas alami. Salah satu yang ada adalah Pemandian Alam Air Panas Lejja.

Objek Wisata Pemandian Alam Air Panas Lejja

pemandian alam air panas lejja
pemandian alam air panas lejja

Mandi di sumber air panas seperti di Pemandian Alam Air Panas Lejja tentunya merupakan sebuah hal yang digemari kebanyakan orang di seluruh dunia. Semua penat pikiran dan kelelahan badan seakan sirna begitu berendam di air panas. Berendam di sumber air panas tentunya memiliki lebih banyak manfaat daripada jika berendam air panas di bak mandi dengan air yang dipanaskan di atas kompor. Sumber air panas alami yang dipanaskan oleh sumber panas dalam bumi memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

Seperti yang telah disebutkan di paragraf pertama tadi, Indonesia memiliki banyak sumber air panas. Kebanyakan pemandian air panas tersebut terletak dekat dengan gunung berapi, seperti Pemandian Air Panas di lereng Rinjani yang merupakan andalan wisata Lombok; Nusa Tenggara Barat. Pemandian Alam Air Panas Lejja juga dipanaskan oleh energi panas bumi dan terletak di wilayah pegunungan Sulawesi sehingga menjadi favorit tujuan wisatawan domestik maupun manca negara. Pemandian Alam Air Panas Lejja terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Memang jarak yang harus ditempuh dari Kota Makassar cukup jauh yaitu mencapai sekitar 200 kilometer. Sementara jarak yang harus ditempuh dari Kota Watansopeng yang merupakan ibu kota Kabupaten Soppeng adalah sekitar 44 kilometer ke arah utara. Transportasi terbaik adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor sehingga pengunjung bisa sekaligus menikmati keindahan alam yang tersaji sepanjang perjalanan menuju Pemandian Alam Air Panas Lejja. Memang cukup sulit untuk mencapainya terutama bagi pengunjung dari luar Sulawesi, akan tetapi semua akan terbayar tuntas saat mampu mencapainya.

Pemandian Alam Air Panas Lejja memiliki kandungan belerang 1,5 persen sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Tarif masuk ke Pemandian Alam Air Panas Lejja pun tidaklah mahal berikut daftar tiket masuknya:
Dewasa hari libur : Rp 12.500,00
Dewasa hari kerja : Rp 10.000,00
Anak-anak : Rp 3.000,00
Mobil : Rp 10.000,00
Motor : Rp 5.000,00.

Kelebihan Pemandian Alam Air Panas Lejja

Keberadaan Pemandian Alam Air Panas Lejja yang terletak di pegunungan bukan berarti lantas membuat pengunjung khawatir mengenai fasilitas yang ada. Pemandian Alam Air Panas Lejja memiliki fasilitas penunjang yang termasuk lengkap. Mulai dari toilet, tempat makan, ruang bilas, kamar mandi, hingga lapangan tenis sudah disediakan oleh pihak pengelola Pemandian Alam Air Panas Lejja.

Terdapat 5 jenis kolam air panas yang ada di Pemandian Alam Air Panas Lejja:
1. Kolam I : Kolam dengan air yang sangat panas. Tentunya kolam ini tidak dapat dipakai untuk berendam. Bahkan kolam ini dapat dipakai untuk merebus telur.
2. Kolam II : Kolam pemandian air hangat yang dangkal. Kolam ini disediakan bagi anak-anak atau pengunjung yang tidak bisa berenang.
3. Kolam III : Kolam pemandian air hangat dengan tinggi mencapai leher orang dewasa. Pengunjung bisa menyewa pelampung jika takut tenggelam.
4. Kolam IV : Kolam pemandian biasa dengan air yang tidak panas dan dingin.
5. Kolam V : Kolam pemandian yang dilengkapi dengan papan loncatan.