Pesona Air Terjun Lombok

Air Terjun Lombok memang kurang dikenal masyarakat luas karena pesisir pantai pulai ini lebih dulu diekspose oleh banyak orang. Pulau Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan berjuta pesona yang indah sehingga menjadi salah satu tujuan wisata yang menyumbang devisa terbesar bagi negara. Keindahan alam Pulau Lombok tidak perlu diragukan lagi. Daerahnya yang dikelilingi oleh laut menjadikan Pulau Lombok mempunyai banyak tempat wisata pantai yang suda terkenal hingga ke mancanegara. Selain itu juga terdapat Gunung Rinjani yang menjulang tinggi dan menunjukkan pesonanya. Namun, bukan hanya pantai dan gunung saja yang menjadi ojek wisata alam yang dapat anda kunjungi di Pulau Lombok. Di Pulau Lombok terdapat beberapa air terjun yang menarik dan memunculkan keuniknnya tersendiri.

Pesona Air Terjun Lombok yang Indah dan Keren

Terdapat banyak air terjun yang terbentuk di dataran tinggi Pulau Lombok, baik yang sudah di explore maupun yang belum. Salah satu air terjun Lombok yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah air terjun Tiu Kelep. Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Dalam Bahasa suku Sasak, kelep artinya terbang. Air terjun ini dinamakan demikian karena aliran airnya yang cukup deras seolah-olah menghasilkan buih-buih air yang berterbangan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan memiliki aliran air terjun yang bertingkat-tingkat. Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup besar dengan dasar yang lembut dan tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk sekedar bermain atau berenang, namun anda harus tetap berhati-hati karena aliran air terjun Lombok ini memang cukup deras.

Selain air terjun Tiu Kelep, masih terdapat banyak air terjun Lombok yang lain yang tidak kalah indah dan keren, contohnya air terjun Sendang Gile. Air Terjun Sendang Gile merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal diantara air terjun Lombok lainnya. Untuk sampai di air terjun Sendang Gile, anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit keluar dari jalur trekking menuju ke Gunung Rinjani. Air terjun Sendang Gile menawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Aliran air terjun yang jernih dan dingin, membuat banyak wisatawan yang bermain dan berenang di kolam besar yang terbentuk dibawahnya, air terjun Lombok ini memiliki tinggi sekitar 35 meter.

Terdapat pula air terjun Benang Kelambu. Air terjun Benang Kelambu terletak di Benang Stokel, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Air terjun Lombok ini terletak di bawah kaki Gunung Agung yaitu, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Untuk bisa mencapai air terjun Lombok ini anda harus menempuh perjalanan dari Kota Mataram sejauh 32 km dan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan darat. Sebaiknya anda bertanya kepada penduduk setempat tentang arah pasti ke air terjun Benang Kelambu agar tidak tersesat karena hanya terdapat satu petunjuk arah. Air terjun Benang Kelambu memiliki keunikan tersendiri, aliran air terjunnya menyerupai bentuk dari kelambu raksasa. Selain itu di samping-samping aliran air terjun wisata Lombok ini terdapat banyak sekali tumbuhan yang menambah suasana segar dan asri, sebenarnya aliran air terjun Lombok yang satu ini berasal dari mata air yang mengalir kelaur melalui celah-celah tebing, namun karena banyak tanaman yang tumbuh, maka terlihat seperti air keluar dari rimbunan tanaman tersebut.