Pesona Danau Tondano Di Sulawesi Utara

Berbicara mengenai alam di Negara Kesatuan Republik Indonesia seakan tidak ada habisnya. Mulai dari gunung-gunungnya yang tinggi menembus langit, laut-lautnya yang biru membentang luas hingga danau-danaunya yang menawan seperti Danau Tondano seakan menunjukkan betapa maha besarnya kuasa Tuhan Semesta Alam. Memang keindahan alam Indonesia telah terdengar hingga ke segala penjuru dunia. Sudah sejak zaman dahulu kala keindahan pesona alam Indonesia telah memikat hati para penjelajah lautan yang menginjakkan kedua kaki mereka di tanah surga milik sang ibu pertiwi.

Wisata Danau Tondano Sulawesi

danau tondano
danau tondano

Entah sudah berapa banyak wisatawan dari segala penjuru dunia yang terpikat dengan keindahan alam Indonesia. Entah berdiri menuju atas langit di atas gunung-gunung tingginya, menyelami keindahan surga bawah laut dengan keanekaragaman biota lautnya, serta menjelajah luasnya danau-danau indah di tanah air. Jika selama ini yang banyak ditampilkan di media adalah keindahan berupa pantai dan gunungnya, jangan lupa bahwa Indonesia juga memiliki berbagai banyak danau-danau terkenal. Nama-nama seperti Toba, Kelimutu, serta Tondano seakan sudah bergema di langit dunia karena pesona keindahannya.

Salah satu pesona danau di Indonesia adalah Danau Tondano yang merupakan objek wisata andalan Provinsi Sumatera Utara. Letak Danau Tondano tepatnya terletak di Desa Temboken dan berada di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangkoa. Danau Tondano memiliki luas lebih dari 4278 hektar. Luasnya wilayah keseluruhan Danau Tondano membuat danau ini menjadi danau yang paling luas di Provinsi Sulawesi Utara. Danau Tondano juga terletak di tempat yang tinggi yaitu dengan ketinggian mencapai 600 meter di atas permukaan laut.

Rute Menuju Danau Tondano

Jarak Danau Tondano dari Kota Tomohon adalah sekitar 3 kilometer dari Kota Tomohon dan 30 kilometer dari Kota Manado. Jarak yang tidak terlalu jauh dari kedua kota tersebut membuat Danau Tondano menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Akses menuju Danau Tondano pun tidaklah sulit sehingga mudah untuk dijangkau. Jika dari Kota Manado yang menjadi salah satu gerbang pintu masuk Sulawesi, perjalanan dimulai dengan menuju Kota Tomohon. Sesampainya di Kota Tomohon, perjalanan bisa dilanjutkan dengan kendaraan umum yang tersedia.

Lama waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke Danau Tondano pun juga termasuk singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Tomohon. Danau Tondano menawarkan pesona keindahan alamnya yang menawan, tidak kalah dengan pesona yang ditampilkan oleh Danau Toba di tanah Sumatera Utara. Danau Tondano dikelilingi oleh rangkaian pegunungan dengan ketinggian sekitar 700 meter sehingga tampak begitu indah seperti Danau Segara Anak yang menjadi destinasi tujuan wisata ke Lombok. Keadaan sekitar danau yang masih begitu alami menjadi pesonanya tersendiri.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Tondano dengan menyewa perahu untuk berkeliling danau. Tentu saja pengalaman menikmati indahnya Danau Tondano di atas perahu menjadi sebuah kegiatan yang tidak akan terlupakan. Pengunjung harus mencoba sensasi di atas perahu yang akan membawa berkeliling danau. Harga sewa perahu cukup murah yaitu hanya Rp 50.000,00 dan hanya akan berangkat saat sudah terisi penuh dengan kapasitas 10 orang. Sebuah harga yang masih termasuk murah tentunya untuk bisa merasakan bagaimana sensasi berkeliling danau dengan menggunakan sebuah perahu.

Menikmati indahnya pemandangan sekitar danau serta jajaran pegunungan di sekitarnya merupakan suatu hal yang wajib untuk dicoba. Semilir angin dan suara alam yang asri tentunya akan membawa pengunjung untuk merasakan kedamaian yang sebenarnya sekaligus melepas semua beban pikiran yang ada.