Pesona Menakjubakan Wisata Taman Bawah Laut Bunaken

Pastinya anda sudah mengetahui objek wisata taman laut Bunaken yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Bagi anda yang sudah pernah mendengar tentang pulau Bunaken, pasti sudah terbayang di benak anda seperti apa wisata dari pulau Bunaken tersebut yang namanya terkenal hingga ke mancanegara. Taman Nasional Bunaken merupakan destinasi wisata yang berada di teluk Manado, Sulawesi Utara dengan luas kurang lebih 8,08 km2.

Tempat wisata yang satu ini merupakan bagian dari kota Manado yang merupakan ibukota dari Sulawesi Utara. Di sini anda akan menjumpai sebuah taman laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado tua, apabila anda ingin menikmati keindahan suasana bawah laut pulau Bunaken, anda bisa menyelam kedalam serta bergerak mengikuti irama ombak yang sedang mengalir.  Alam bawah laut Bunaken sangat menakjubkan, bahkan tidak bisa anda temui di tempat lain. Di taman bawah laut Bunaken ini terdapat 13 jenis terumbu karang yang menjulang dengan terjal vertikal ke bawah, memiliki kedalaman kurang lebih 25-50 meter.

Wisata Taman Bawah Laut Bunaken Yang Menakjubkan

wisata taman laut bunaken
wisata taman laut bunaken

Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai macam pemandangan yang disuguhkan oleh 91 spesies ikan yang berada di taman laut Bunaken, seperti ikan nila gasi, koi putih, goropa, gusimi lokal, lolosi ekor kuning, nautilus, mollusca seperti ikan yang berkepala kambing, kima raksasa, tunikates atau askidian, dan masih banyak lagi berbagai ikan lucu dan mungil di taman laut Bunaken. Bagi para wisatawan yang menyukai kegiatan scuba diving, maka tempat ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melakukan kegiatan diving. Hal itu dikarenakan tempat ini memiliki kurang lebih 20 titik yang bisa digunakan untuk diving, anda akan mendapatkan kesempatan berenang ke dalam laut dengan dikelilingi beragam biota laut yang sangat mempesona hingga membuat anda menjadi terkesan kagum.

Taman wisata Bunaken ini juga memiliki sejarah yang sangat terkenal hingga sekarang, dikarenakan keindahan alam taman bawah lautnya. Pada tahun 1975 destinasi wisata taman laut Bunaken ini ditemukan dan menjadi salah satu destinasi obyek wisata yang populer serta andalan bagi provinsi Sulawesi Utara. Bunaken ini sebenarnya sudah dihuni oleh penduduk kurang lebih sejak tahun 1400-an penduduk. Pertama kali yang menghuni wilayah Bunaken ini merupakan imigran dari Manado Tua atau kerajaan Banten, serta wilayah yang meliputi kepulauan Bunaken seperti Naen, Siladen, Mantehage, Pulau Bangka, Talise, Gangga, serta wilayah yang berada di pesisir utara Semenanjung Minahasa.

Informasi Wisata Taman Nasional Bunaken

keindahan wisata taman laut bunaken
keindahan wisata taman laut bunaken

Pada tahun 1850 penduduk yang menempati tanjung parigi pindah ke arah tenggara yang letaknya berada di tepi pantai, serta berhadapan dengan kota Manado. Kemudian masyarakat tersebut mendirikan sebuah negeri yang diberi nama dengan Wunakeng  yang artinya adalah tempat tinggal. Dan setelah itu namanya ganti menjadi Bunaken yang merupakan singkatan dari nama pamona yang memiliki arti tempat mendarat.

Ketika anda pergi ke wisata Taman Nasional Bunaken, anda bisa menikmati keindahan alam taman bawah laut dan juga alam Bunaken yang bagaikan surga dibawah laut. Anda bisa pergi bersama keluarga, pasangan maupun teman-teman anda. Taman Nasional Bunaken memiliki keindahan yang sangat luar biasa, di sini terdapat berbagai macam jenis hewan laut yang dilindungi dan juga dilestarikan. Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan air di taman nasional ini seperti diving dan juga menyelam maupun berenang di pantai.