Pesona Taman Laut Tumbak sulawesi

Pesona Negara Kesatuan Republik Indonesia memang sudah terdengar ke berbagai penjuru dunia. Sebuah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah menciptakan Indonesia begitu cantik dengan keindahan dan kekayaan alamnya. Keindahan alam Indonesia seakan bisa untuk ditemukan di setiap sudut negeri; mulai dari bawah laut hingga di atas gunung-gunung tinggi yang menembus langit. Taman Laut Tumbak, nama tersebut juga merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada di antara luasnya laut Indonesia.

Objek Wisata Taman Laut Tumbak Sulawesi

taman laut tumbak
taman laut tumbak

Pulau Sulawesi memang seakan tidak pernah ada habisnya untuk terus menunjukkan keindahan surga dunianya. Tentu nama seperti Taman Laut Bunaken memang sudah sangat terkenal akan keindahannya, tetapi masih ada surga bawah laut lain yaitu Taman Laut Tumbak yang juga sama-sama terletak di Pulau Sulawesi. Sebuah daya tarik kuat tersendiri bagi Sulawesi tentunya untuk menjadi primadona bersama dengan pesona tempat wisata Lombok untuk menjadi tujuan utama bagi masyarakat dunia internasional. Wajar memang jika Indonesia menjadi tujuan favorit pariwisata di seluruh dunia.

Lokasi Taman Laut Tumbak sulawesi

pesona taman laut tumbak
pesona taman laut tumbak

Taman Laut Tumbak berpotensi menjadi wisata andalan bagi Sulawesi karena keindahan surga bawah lautnya yang tidak kalah bagusnya dengan Taman Laut Bunaken. Berlokasi di provinsi yang juga sama dengan Taman Laut Bunaken yaitu Provinsi Sulawesi Utara, Taman Laut Tumbak tepatnya terletak di sisi tenggara provinsi yaitu di Desa Tumbak, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara. Sekarang tempat tersebut memang belum banyak diketahui, akan tetapi di sinilah letak suatu tempat dengan gugusan kepulauan yang menakjubkan serta surga bawah lautnya yang begitu menawan.

Jarak tempuh menuju Taman Laut Tumbak tidaklah terlalu jauh dari Kota Manado. Hanya sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, pengunjung sudah memasuki kawasan Taman Laut Tumbak untuk menikmati keindahan alamnya. Kota terdekat lainnya adalah Kota Amurang dengan jarak tempuh selama sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sesampainya di Desa Tumbak, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu. Perahu yang digunakan adalah milik nelayan yang juga disewakan untuk mengantar pengunjung ke Pulau Tumbak dengan jarak tempuh hanya sekitar 10 menit saja.

Sebagai informasi tambahan, nama Tumbak pada Taman Laut Tumbak merupakan akronim dari “Tumbuhan Bakau” karena tanaman bakau yang mendominasi sekitar Desa Tumbak dengan luas mencapai 1 hektar. Sesampainya di Pulau Tumbak, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas mulai aktivitas bahari seperti menikmati keindahan lautnya yang masih alami, atau melakukan perjalanan singkat ke puncak bukit yang terdapat di pulau ini untuk menikmati hamparan bentang alam birunya lautan luas dengan gugusan pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona. Pulau Tumbak adalah pulau yang tidak berpenghuni.

Keunikan Taman laut Tumbak

Titik snorkeling tersebar luas di Taman Laut Tumbak yang sekaligus menawarkan paket-paket wisata bahari terlengkap termasuk memancing dan juga menyelam. Taman Laut Tumbak juga memiliki keindahan khasnya tersendiri yaitu pesona keindahan pemandangan hamparan laut dengan gugusan pulau-pulau kecilnya yang tidak dimiliki oleh Taman Laut Bunaken. Pengunjung yang ingin merasakan ketenangan di tengah pulau dapat mencari sebuah padang savana tersembunyi di tengah rimbun pepohonan pada pulau-pulau di Taman Laut Tumbak ini. Sebuah pengalaman yang sangat patut untuk dicoba tentunya saat berkunjung.

Keindahan kekayaan bahari Taman Laut Tumbak tentunya tidak perlu dipetanyakan lagi. Terdapat terumbu karang yang indah di bawah permukaan lautnya serta begitu banyaknya spesies ikan. Hal tersebut tentunya akan semakin mempercantik keindahan Taman Laut Tumbak yang begitu lengkap. Hanya tinggal menghitung waktu saja bagi Taman Laut Tumbak untuk mendampingi Taman Laut Bunaken sebagai ikon wisata Sulawesi.