Pulau Batu Berlayar,Secuil Surga dari Tanah Sumatera

Negara Indonesia adalah Negara maritim yang memiliki beberapa pulau pulau kecil yang tersebar luas sehingga luas lautannya melebihi dari luas daratan. Ya, beberapa gugusan gugusan pulau di Indonesia ini amatlah menarik perhatian dari wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing guna menghabiskan waktu liburan di sebuah tempat yang sepi, sunyi, namun memiliki keindahan panorama alam bak sedang berada di surga di dunia.
Ya, salah satu pulau kecil namun amat eksotis dan juga indah tersebut terdapat di perairan Kepulauan Belitung yang masih berada di sekitaran Pulau Sumatera. Destinasi wisata tersebut adalah Pulau Batu Berlayar yang merupakan secuil surga dari tanah Sumatera.

Pulau Batu Berlayar Sumatera

pulau batu layar
pulau batu layar

Pulau ini menawarkan keindahan panorama alam dengan adanya 2 batu granit berukuran raksasa serta beberapa batu kecil di sekitarnya. Lalu ditambah dengan pemandangan air laut yang tampak jernih berwarna biru kehijauan serta memiliki pasir yang berwarna putih halus sehingga bagi Anda sedang berada di Pulau Sumatera khususnya yang berencana melancong ke Kepulauan Belitung, maka tempat tersebut merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Memang tak banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang tahu akan keindahan dari pulau tersebut karena tempat wisata tersebut memang masih beberapa orang saja yang tahu sehingga pulau tersebut juga dijuluki dengan surga yang tersembunyi di Negara Indonesia. Ya, memang Indonesia terkenal akan keindahan-keindahan alam yang tiada duanya dengan Negara lain sehingga banyak wisatawan asing menghabiskan masa liburannya untuk berkunjung ke Negara Indonesia.

Lokasi Pulau Batu Layar

pulau batu berlayar
pulau batu berlayar

Lokasi pulau tersebut memang tidaklah jauh dari Kepulauan Belitung karena pulau tersebut juga berdekatan dengan pulau kecil lainnya yakni Pulau Lengkuas, Pulau Babi, Pulau Pasir, serta Pulau Burung. Nah untuk akses menuju ke pulau yang di dominasi oleh batu tersebut juga cukup mudah, Anda dapat menggunakan pesawat ataupun kapal ferry untuk sampai ke Kepulauan Belitung. Lalu Anda dapat menggunakan kapal menuju Pulau Tanjung Kelayang. Nah, dari Pulau Tanjung Kelayang cukup menggunakan perahu nelayan setempat untuk menuju ke lokasi pulau tersebut. Hanya menempuh waktu sekitar 5 hingga 10 menit dan Anda akan sampai pada lokasi pulau tersebut.

Asal Nama Batu Layar sumatera

Anda pasti akan bertanya tanya mengapa pulau tersebut diberi nama Pulau Batu Berlayar ? Ya, di pulau yang menjadi objek wisata di sumatera tersebut memang di dominasi dengan banyaknya batuan-batuan alam sehingga tumbuhan pun tidak dapat tumbuh di pulau tersebut dan juga terdapat 2 buat batu granit besar sehingga menyerupai sebuah layar kapal. Akhirnya masyarakat sekitar pun memberi nama pulau tersebut batu berlayar.
Namun, sebelum mengunjungi pulau tersebut tanyakan terlebih dahulu kepada nelayan setempat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Batu Berlayar tersebut mengingat perahu nelayan hanya dapat bersandar ketika air laut sedang pasang surut. Karena apabila air pasang sedang naik maka pulau tersebut tidak bisa Anda kunjungi.

Selain menawarkan keindahan panorama alamnya dengan adanya batuan alam yang berukuran raksasa, pulau tersebut juga menawarkan keindahan alam bawah lautnya. Ya, Anda dapat melakukan snorkeling untuk melihat indahnya karang serta biota-biota laut yang hidup di sekitaran pulau tersebut. Namun, jangan menginjak terumbu karang karena dapat merusak dan membunuh terumbu karang.

Nah untuk biaya sendiri, Anda dapat menyewa kapal nelayan dengan harga Rp 450.000 untuk berkeliling ke seluruh pulau yang ada di sekitar Kepulauan Belitung tersebut. Jadi tidak hanya pada satu pulau saja namun ke seluruh pulau kecil. Dan untuk menyewa alat snorkeling Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000.