Sensasi Unik Pulau Beras Basah Kota Bontang

Indonesia kaya akan tempat menarik dimana mempunyai banyak keunikan. Ketika Anda melihat berbagai macam tempat wisata maka pada saat itu juga Anda akan merasa sangat takjub dengan beragam keunikan yang ditawarkan. Beberapa spot seperti objek wisata di Lombok sudah banyak dikenal para wisatawan, akan tetapi bagaimana dengan daerah Kalimantan Timur? Mungkin Anda merasa belum familiar dengan tempat wisata di Kalimantan Timur, padahal banyak tempat-tempat unik yang bisa dijadikan destinasi wisata utama. Berbicara soal tempat wisata di Kalimantan Timur, tidak lepas dari sosok Pulau Beras Basah yang terletak di Kota Bontang.

Objek Wisata Pulau Beras Basah

pulau beras basah
pulau beras basah

Pelancong dengan domisili di luar Kalimantan akan takjub dengan objek wisata tersebut karena menyuguhkan pesona alam sangat asri dan cocok sekali untuk para pelancong yang sudah mendambakan tempat sejuk dan asri di dalam negeri. Banyak pelancong masih belum tahu sebenarnya apa yang dimaksud dengan sebuah pulau bernama Beras Basah tersebut. Ternyata dari pulau tersebut memiliki keunikan yakni dari kondisi air lautnya yang sangat jernih ditambah lagi dengan pasir putih membuat tampilannya semakin apik. Keunikan lainnya dari Beras Basah adalah sebuah mercusuar tinggi yang berfungsi sebagai pengamat kapal di tengah pantai.

Sebagai satu objek wisata di Bontang, tentu saja pulau dengan nama Beras Basah tersebut tidak lepas dari kisah sejarah. Asal mula dari pulau tersebut berasal dari masa kejayaan Kerajaan Kutai dimana sebuah akap dari Kasultanan Kutai sedang melakukan pelayaran di selat Makassar untuk mengirim bahan makanan dengan mayoritas berupa beras. Pada perjalannya, kapal tersebut mengalami gangguan hingga tenggelam sehingga tumpahlah semua beras di dalam kapal hingga membuat perairan di dasar kapal menjadi dangkal. Tumbukan beras tersebut hingga membentuk sebuah pulau berwarna pasir putih sehingga sering disebut Pulau Beras Basah.

Bagi wisatawan yang mendatangi Beras Basah bisa menikmati pemandangan pantai dengan kondisi pasir putih terhampar luas. Desiran ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga aman digunakan sebagai tempat berenang. Tidak hanya itu, pelancong juga bisa menggunakan kapal untuk mengelilingi pulau dan nantinya akan terlihat semua pesona menarik dari Beras Basah. Anda juga bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan dan tidak lupa tempat beribadah.

Rute Menuju Pulau Beras Basah

Banyak orang bertanya bagaimana cara menuju ke Beras Basah tersebut? Ternyata tidak terlalu sulit bahkan bisa ditempuh menggunakan transportasi udara dengan tujuan Balikpapan. Setelah sampai di bandara gunakan alat transportasi berupa bus menuju ke Kota Bontang lalu dilanjutkan memakai kapal di dermaga Tanjung Laut atau di Bontang Kuala menuju Beras Basah. Jika ingin mengunjungi Beras Basah sebaiknya pesan dahulu hotel dan bawalah makanan ringan lebih banyak karena ketersediaan tempat makan masih cukup sedikit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi lingkungan sekitar agar tetap terus lestari hingga bisa menjadi salah satu destinasi berkelas dunia.

Merasakan sensasi Pulau Beras Basah sangatlah menyenangkan. Jika Anda ingin mendapatkan liburan seru di akhir pekan bersama keluarga atau teman cobalah mengunjungi Beras Basah tersebut. Namun, sebaiknya kunjungi pulau tersebut di saat musim panas agar terhindar dari hujan. Sungguh menyenangkan sebuah tempat wisata keluarga dengan nuansa alam ditambah fasilitas penginapaan serba lengkap membuat pelancong semakin dimanjakan. Ajak semua teman untuk berlibur bersama Kota Bontang, masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang wajib dikunjungi dan jangan lupa untuk menikmati semua kuliner khas Kota Bontang.