Tempat Wisata di Pulau Lombok Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Lombok tak hanya terkenal dengan Trio Gili nya saja yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Lombok memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi. Seperti beberapa tempat wisata di Pulau Lombok yang menarik berikut ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Lombok merupakan salah satu pulau yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan setelah pulau Bali. Lokasinya yang tidak jauh dari Bali menjadikan Lombok masuk kedalam destinasi selanjutnya yang harus dikunjungi. Tak jauh berbeda dengan Bali, Pulau Lombok juga menawarkan berbagai macam wisata berupa pantai yang tak kalah indahnya. Seperti beberapa objek wisata di Lombok yang harus dikunjungi karena panoramanya yang memikat.

Desa Sukarara Menjadi Tempat Wisata di Pulau Lombok yang Menarik

desa sukarara lombok
desa sukarara lombok

Desa Sukarara merupakan salah satu desa yang berada di pulau Lombok tepatnya berada di Lombok Tengah, Kecamatan Jonggat. Desa ini menjadi salah satu desa yang paling menarik wisatawan karena menjadi salah satu wisata Lombok. Desa Sukarara terkenal menjadi desa yang masih kental kebudayaannya. Salah satu kebudayaan yang masih tetap lestari dari Desa Sukarara yaitu budaya menenun ala masyarakat Lombok. Dengan melihat keunikan budaya yang masih lestari tersebut, Desa Sukarara bisa menjadi salah satu tempat wisata di pulau Lombok yang menarik dan wajib dikunjungi. Di desa ini, Anda bisa menemukan beberapa wanita mulai dari usia mudah hingga tua masih melakukan aktivitas menenun menggunakan alat tradisional. Untuk tetap melestarikan kebudayaan tersebut, setiap wanita di desa Sukarara diwajibkan bisa menenun menggunakan alat tenun tradisional. Salah satu hasil tenunan khas desa Sukarara yaitu sarung Songket yang menjadi kain khas Lombok. Sehingga saat mengunjungi desa Sukarara jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya yaitu Sarung Songket hasil tenunan asli masyarakat Lombok.

Pulau Pasir Menjadi Tempat Wisata di Pulau Lombok yang Menarik

tempat wisata di Pulau Lombok
Pulau Pasir Wisata Lombok

Tak hanya Trio Gili dan Desa Sukarara saja yang menjadi salah satu tempat wisata menarik. Pulau Pasir Lombok juga masuk kedalam daftar tempat wisata di Pulau Lombok yang menarik dan wajib dikunjungi. Lombok memang terkenal dengan wisata pulaunya. Pulau ini disebut sebagai pulau pasir karena adanya daratan yang sangat menjorok ke suatu laut atau perairan. Daratan ini berupa pasir maupun kerikil. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya pendangkalan aliran sehingga menyebabkan adanya sedimentasi berupa material ringan seperti pasir. Dengan adanya sedimentasi atau pengendapan material tersebut, maka tubuh air menjadi dangkal. Selain disebut sebagai pulau pasir, pulau ini juga disebut sebagai pulau Gosong atau Gosong Pasir. Dengan adanya fenomena alam tersebut, menjadikan pulau pasir menarik dan patut untuk dikunjungi. Pulau ini berada di Tanjung Luar sehingga dibutuhkan sedikitnya 2,5 jam perjalanan dari Mataram ke pulau ini.

Pantai Tanjung Aan menjadi Tempat Wisata di Pulau Lombok yang Menarik

Pantai di Lombok Tengah
Pantai Tanjung Aan

Salah satu tempat wisata Lombok yang menarik lainnya yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini menawarkan suasana pantai yang berbeda. Pasalnya, Anda bisa menikmati dua sisi yang berbeda dari pantai ini. Pada sebelah kiri pantai, Anda bisa melihat pesona pantai dengan pasir yang kuning. Sehingga sangat berbeda dengan pantai lainnya. Sedangkan pada sisi kanan, Anda akan disuguhkan pesona pantai dengan pasir yang berwarna putih bak tepung. Hal inilah yang menjadikan pantai Tanjung Aan menjadi tempat wisata di Pulau Lombok yang menarik untuk dikunjungi.