Tempat Wisata Lombok Tengah yang Penuh Cerita

Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu tempat wisata Lombok Tengah yang sangat terkenal. Namun ada beberapa tempat lain yang juga tidak kalah keren, seperti Pantai Tanjung Aan dan Desa Sade. Keindahan Lombok memang tersebar di semua titik, tidak terkecuali yang ada di kawasan Lombok Tengah. Ada banyak tempat untuk menikmati keindahan alam dan mempelajari adat istiadat masyarakat lokal. Wisatawan yang datang ke Lombok akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang masih alami dan juga budaya masyarakatnya yang terjaga. Hal tersebut lah yang menjadi pesona dari Lombok dan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi Lombok. Berikut adalah beberapa informasi tentang tempat wisata yang perlu Anda datangi.

Beberapa Tempat Menarik di Lombok Tengah

Pantai Kuta menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi turis yang datang. Untuk menambah pengalaman wisata tidak ada salahnya mampir juga ke Tanjung Aan dan desa Sade. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengunjunginya.

  1. Pantai Kuta Lombok
wisata pantai kuta lombok
wisata pantai kuta lombok

Tempat wisata Lombok Tengah yakni Pantai Kuta Lombok berada di desa Kuta yang mempunyai garis pantai cukup panjang. Pantai Kuta banyak menarik perhatian wisatawan karena pemandangan laut dan pantainya yang indah dan masih alami. Berbeda dengan pantai Kuta yang ada di Bali, di sini suasananya akan lebih hening dengan beberapa pengunjung pantai. Walaupun demikian, keindahan pantai yang ada di Lombok Tengah ini tidak kalah keren. Anda bisa melihat hamparan laut biru dengan pasir putih. Di salah satunya terdapat sebuah bukit bernama bukit Mandalika yang penuh cerita. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat yang mudah diakses. Penginapan di sekitar pantai juga sudah banyak dan memiliki beberapa penginapan yang romantis.

  1. Pantai Tanjung Aan.
pantai tanjung aan lombok
pantai tanjung aan lombok

Pantai cantik ini berada tidak jauh dari Pantai Kuta. Tempat wisata Lombok Tengah yang satu ini merupakan salah satu pantai wisata terbersih. Pantai Tanjung Aan mempunyai suasana tenang yang cocok untuk Anda yang tidak ingin berada di kerumunan wisatawan. Hal menarik mengapa Anda harus datang ke sini adalah pasir pantainya yang berbeda dari kebanyakan pantai. Dalam satu garis pantai, wisatawan akan mendapati tekstur pasir pantai yang berbeda-beda. Di satu sisinya pijakan Anda cukup terasa dengan pasir yang teksturnya besar seperti merica. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk wisatawan yang ingin menikmati pijakan yang cukup menekan di telapak kaki. Saat Anda berjalan ke sisi yang lain, pasir pantainya akan lebih halus dari sebelumnya. Di ujung bahkan teksturnya sangat berbeda dengan pasir yang pertama. Pasir lainnya lebih halus dan bersih dengan warna putih. Pengunjung bisa menikmati pantai ini di titik lain yaitu di atas tebing. Untuk naik ada biaya registrasi sekitar Rp 10.000,- dan baru lah Anda bisa menikmati pantai dari atas.

  1. Desa adat Sade

desa sade di lombok

Sebuah perkampungan yang masih menjaga adat dan budayanya ini berada di Rembitan, kecamatan Pujut. Tempat wisata Lombok Tengah ini patut untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin lebih tahu tentang Lombok dan masyarakatnya. Desa Sade sudah dikenal luas sebagai kawasan tempat tinggal suku sasak asli Lombok. Kehidupan masyarakat di sana berbeda dengan masyarakat modern. Suku Sasak yang ada di Desa Sade masih menjaga ada istiadatnya hingga kini. Wisatawan bisa menjumpai rumah adat yang biasa disebut dengan bale. Bangunan dengan cerita unik di dalamnya, seperti penggunaan kotoran kerbau untuk membersihkan lantai rumah bale. Wisatawan yang datang kebanyakan akan heran karena saat masuk ke rumah adat tersebut tidak akan tercium bau kotoran kerbaunya. Demikian beberapa hal menarik dari tempat wisata Lombok Tengah yang menjadi tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.