Wisata Alam Hutan Sesaot Lombok

Pernahkah anda mengunjungi Desa Sesaot? Apabila anda pernah mengunjunginya mungkin anda akan mengetahui jika di desa ini terdapat hutan lindung yang sangat menyenangkan. Desa Sasaot ini terletak sekitar 5 km sebelah utara Suranadi Kecamatan Narmada Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Hutan ini masih berada di kawasan Gunung Rinjani sehingga hutan ini memiliki kesan dan kondisi alam yang masih sangat alami dengan sumber mata air yang berasal langsung dari Gunung Rinjani, yang telah menjadi Gunung tertinggi kedua di Indonesia. Dengan letak hutan yang masih berada di kawasan Gunung Rinjani membuat seseorang yang melakukan traveling atau berpetualang di Gunung Rinjani dapat beristirahat sejenak di Hutan Sesaot Lombok ini.

Keindahan Hutan Sesaot Lombok

wisata hutan sesaot lombok
wisata hutan sesaot lombok

Dengan suasana udara yang masih sangat sejuk dan alami dengan nuansa khas alam hutan rinjani membuat Hutan Sesaot Lombok ini memiliki daya tarik tersendiri. Dengan kawasan hutan lindung yang mencapai luas 5.999,2 hektare dan dari seluruh luasnya 43% dari hutan ini merupakan hutan buatan serta sisanya hutan alami khas Gunung Rinjani. Dengan nuansa yang sangat kental akan alamnya dan pamandangan di hutan ini pun akan bisa membuat lelah anda terbayarkan sebab sudah tidak diragukan lagi akan keindahannya.

Hutan Sesaot Lombok disebut sebagai salah satu tempat sungai suci yang ada di Lombok sebab airnya yang berasal langsung dari Gunung Rinjani itulah yang membuat seseorang ingin melihat langsung mata air yang jernih dan telah terpancar di sela-sela bebatuan kawasan Hutan Sesaot Lombok. Dan konon katanya tempat mata air ini telah menjadi pemukiman para dewa, dan bahkan ada yang mempercayainya bahwa air yang terpancar di hutan ini berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, dan air sungai yang mengalir dari gunung rinjani ini tidaklah kering walaupun saat musim kemarau panjang. Hal seperti inilah yang menjadi salah satu keistimewaan dari dalam Hutan Sesaot Lombok. Sungai ini bernama aiq nyet dengan dihiasi oleh batu kali yang besar-besar di sekitar sungai, anda juga bisa menikmati keindahan dan kejernihan air dengan bernang maupun mandi di air sungai ini.

Kealamian Hutan Sesaot Lombok

wisata alam hutan sesaot lombok
wisata alam hutan sesaot lombok

Pada umumnya Hutan Sesaot ini terbagi menjadi 3 area yang dibedakan, yaitu Hutan Primer, Sekunder Perkebunan Mahoni, dan Agroforestry. Dengan beberapa area yang telah tersedia tersebut anda bisa memilihnya sesuai dengan selera dan keinginan anda, buat anda yang memiliki kecintaan akan berkemah anda juga bisa menderikan perkemahan di beberapa lahan hutan lindung Sesaot yang masih alami dan natural ini. Dengan berbagai macam keindahan yang telah ditawarkan dengan adanya deretan pepohonan hijau itulah yang akan membuat anda senang saat berlibur di kawasan Hutan Lindung Sesaot yang ada di Lombok ini.

Mengelilingi keindahan Hutan Sesaot sambil berjalan-jalan sembari menikmati keindahan alamnya akan sangat menyenangkan, ditambah dengan suara gemericik air yang akan memberikan kehidupan pada masyarakat sekitar Hutan Sesaot Lombok. Dan setelah berjalan-jalan menelusuri keindahan di Hutan Sesaot Lombok, anda akan bisa menikmati santapan makan yang bisa anda beli di beberapa kedai-kedai yang berada di sekitar Hutan Sesaot Lombok, dengan menikmati makanan dengan nuansa alami, itulah yang paling utama bisa membuat anda senang dan puas menikmati keindahan di balik alaminya Hutan Sesaot yang ada di kawasan Wisata Lombok ini. Nah, dengan begitu anda bisa mengunjunginya saat liburan mendatang.

Demikian artikel kami mengenai “Hutan Sesaot Lombok”. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.