Wisata Alam Lombok Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

Pulau Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena pemandangan alam yang luar biasa indah sehingga sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata alam yang harus kita kunjungi apabila tengah berada di Lombok adalah wisata alam Lombok Timur. Objek wisata alam yang ada di sini terutama adalah wisata pantai. Berwisata di pantai dapat menjadi pilihan tepat untuk kita yang ingin melepas rasa penat serta jenuh dari aktivitas sehari-hari. Fasilitas yang tersedia juga lengkap, demikian pula dengan petunjuk arah menuju tempat wisata yang dapat kita temukan dengan mudah. Ini karena wisata Lombok tidak hanya menjadi destinasi wisata turis domestik namun juga turis mancanegara.

Wisata Alam Lombok Timur
Wisata Alam Lombok Timur

Pantai Tanjung Ringgit sebagai Wisata Alam Lombok Timur

Wisata alam Lombok Timur yang pertama adalah Pantai Tanjung Ringgit. Bagi kita yang memiliki hobi fotografi tentunya tidak akan melewatkan pantai satu ini. Letak Pantai Tanjung Ringgit ada di ujung tenggara Pulau Lombok. Lokasinya memang cukup jauh dar pusat kota Mataram. Itulah mengapa pantai ini juga cocok untuk kita yang menyukai petualangan. Keunggulan pantai ialah pemandangannya yang benar-benar indah. Pantai berlokasi di Kecamatan Jerowaru dan jaraknya sekitar delapan puluh lima kilometer jauhnya dari pusat Kota Mataram. Menuju Pantai Tanjung Ringgit, kita juga harus menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan. Ini karena belum ada akses kendaraan umum menuju ke pantai.

tanjung ringgit lombok
tanjung ringgit lombok

Karena tidak ada akses kendaraan, wisata alam Lombok Timur Pantai Tanjung Ringgit masih kurang terkenal. Namun karena hal ini pula, tempatnya masih terbilang alami tanpa ada tangan-tangan perusak. Kondisi geografisnya sendiri berbukit dan penuh dengan tebing kars. Perairan Pantai Tanjung Ringgit akan membuat kita berdecak kagum karena dapat memantulkan berbagai warna yang memikat, terutama saat matahari tengah bersinar terik. Ragam terumbu karang juga dapat kita saksikan di bawah perairannya. Saat tengah berwisata kemari, berjalanlah dengan hati-hati agar tidak terpeleset. Pantai ini sangat cocok dikunjungi untuk kita yang memiliki jiwa petualang.

Pantai Pink sebagai Wisata Alam Lombok Timur

Wisata alam Lombok Timur berikutnya adalah Pantai Pink. Nama ini diambil karena warna pasir pantainya yang merah muda, bukan putih atau hitam seperti kebanyakan pantai. Nama asli pantai ini adalah Pantai Tangsi. Warna merah muda pada pasir pantai didapat karena butiran pasir bercampur dengan serpihan ganggang warna merah muda yang berasal dari laut. Lokasi Pantai Pink ada di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru. Sebelum menjadi tujuan wisata, Pantai Pink awalnya adalah pantai sebagai tempat transit untuk para nelayan yang berasal dari desa Tanjung Luar. Pantai ini semakin unik karena hanya ada tujuh buah di dunia dan dua di antaranya ada di Indonesia, yaitu di Lombok dan di Flores.

snorkeling pink beach
snorkeling pink beach

Pantai Pink akan terlihat sangat indah saat terkena bias sinar matahari. Pada saat itu, warna merah muda di pasir pantai akan terlihat jelas. Pantai ini termasuk tenang karena belum banyak dikunjungi orang. Selain itu, ombaknya kecil sehingga terbilang aman bagi wisatawan. Keindahan Pantai Pink semakin bertambah berkat hamparan bukit yang ada di sekeliling pantai. Untuk menuju Pantai Pink, kita harus melewati hutan linbung Sekaroh. Jaraknya sekitar 10 kilometer dihitung dari Desa Pemongkong. Apabila hendak menuju tempat wisata alam Lombok Timur yang satu ini, disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri.