Wisata Hutan Baun Pusuk di Kaki Gunung Rinjani

Lombok bagian Barat memiliki hutan lindung nan indah yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda yaitu Hutan Baun Pusuk. Ternyata, Lombok bagian Barat tidak hanya memiliki Gili Trawangan tapi juga memiliki hutan lindung nan indah yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda yaitu Hutan Baun Pusuk. Bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan badan dengan menghirup udara khas hutan alami, wisata ini adalah pilihan terbaik. Anda akan menjumpai monyet-monyet yang memiliki ekor panjang. Monyet ini merupakan hewan asli Hutan Baun Pusuk, dan sudah jinak karena mereka sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Bagian puncak hutan merupakan pemandangan paling memukau dari hutan ini. Daerah puncak memiliki udara yang segar, dan dikelilingi oleh tanaman hijau nan rindang. Tidak mengecewakan memang mengunjungi hutan lindung yang berada di kawasan kaki Gunung Rinjani.

Menikmati Keindahan di Hutan Baun Pusuk

Hutan Baun Pusuk yang berada di kawasan kaki Gunung Rinjani merupakan salah satu wisata yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Anda bisa melihat perbukitan hijau yang asri dan memiliki udara sejuk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat banyak monyet jinak di hutan ini sehingga Anda bisa mendekat dan memberi mereka makan. Jenis monyet yang hidup di Baun Pusuk adalah Macaca Fascicilaris. Baun Pusuk ini merupakan habitat yang cocok untuk para monyet karena masih banyak pohon-pohon besar nan rimbun yang merupakan tempat favorit para monyet. Tidak mengherankan apabila sepanjang perjalanan menyusuri hutan ini, Anda akan disapa oleh monyet yang bergelantungan.

Dengan dikelilingi oleh banyak pohon-pohon hijau, perjalanan Anda akan menyenangkan dan udara yang dihirup pun semakin segar. Selanjutnya, Anda tidak perlu khawatir kehausan saat menyusuri kawasan Baun Pusuk karena para penduduk lokal menjual minuman khas yang disebut tuak manis. Minuman jenis ini merupakan minuman khas daerah Baun Pusuk yang dibuat oleh para penduduk asli, dan dijual di sekitar kawasan Baun Pusuk. Selain itu, kawasan Hutan Baun Pusuk juga cocok dijadikan tempat bersantai bersama. Selama di puncak, Anda akan disuguhkan panorama alam yang sayang dilewatkan. Oleh sebab itu, kawasan Baun Pusuk ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan wisatawan asing pun sering mendatangi kawasan hutan lindung di Lombok ini.

Lokasi Hutan Baun Pusuk Lombok

Setiap bagian pulau Lombok memang memiliki tempat wisata khas yang wajib Anda kunjungi. Hutan Baun Pusuk ini berlokasi di antara Lombok Utara dan Lombok Barat, tepatnya di daerah perbatasan antara kedua kabupaten tersebut. Perjalanan menuju ke hutan tersebut tidak terlalu sulit dan jalanannya pun bagus untuk dilewati. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun travel rombongan wisata. Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi, Anda akan dimanjakkan oleh panorama indah dari perbukitan dan pegunungan hijau karena Baun Pusuk ini memang dikelilingi oleh keduanya.

Selain sebagai tempat wisata, kawasan Baun Pusuk juga dimanfaatkan untuk tempat beristirahat para pengunjung yang akan menuju tempat wisata lain seperti Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Hal tersebut disebabkan oleh lokasi Baun Pusuk yang strategis, berada di titik tengah menuju tujuan wisata tersebut. Daerahnya yang luas dan lapang membuatnya cocok untuk beristirahat dan bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Beberapa penjual pun membuka lapaknya di sekitar kawasan ini sehingga Anda bisa melepas dahaga dan lapar. Walaupun bukan sebagai tujuan utama wisata, Anda tetap disarankan untuk singgah di kawasan Hutan Baun Pusuk ini apabila tidak ingin melewatkan panorama indah perbukitan.

Sekian informasi mengenai objek wisata Hutan Baun Pusuk yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa indah dan semoga dapat menjadi list liburan Anda di Lombok.