Keindahan Wisata Lombok Air Terjun Benang Kelambu Tak Usah Diragukan Lagi

Pulau Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat sudah terkenal memiliki beberapa tempat wisata alam yang memiliki pemandangan indah, eksotis dan mempesona, termasuk Air Terjun Benang Kelambu. Jika Anda berkunjung kesana dapat dilihat bahwa hampir pada setiap sudut di Pulau Lombok terdapat berbagai spot yang sangat menarik dan layak dikunjungi.  Mulai dari Pantai Senggigi, Gunung Rinjani, Taman Narmada, serta beberapa wisata alam lainnya seperti air terjun yang memiliki sumber air dari Danau Segara Anak.

Serunya Berwisata di Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun paling terkenal yang berada di Pulau Lombok. Wisata alam tersebut berlokasi di kaki Gunung Agung, tepatnya yaitu berada di tengah-tengah Pulau Lombok. Untuk mengakses air terjun yang indah tersebut Anda dapat menempuhnya melewati jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak- dan Desa Aik Berik. Jika hal itu merupakan pertama kalinya Anda berkunjung ke tempat wisata alam air terjun ini maka sangat disarankan supaya Anda bertanya kepada penduduk setempat tentang lokasi air terjun tersebut. Hal ini karena untuk menuju wisata alam itu hanya ada satu petunjuk jalan menuju air terjun. Pada saat Anda tiba di tempat tujuan, untuk memasuki air terjun Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000 per orang. Pada saat Anda melewati pintu gerbang masuk, selanjutnya pasti Anda dan keluarga akan disambut dengan suasana yang sejuk dan damai karena adanya berbagai pepohonan rindang dan indah yang terdapat di sekitaran jalan menuju air terjun. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Anda akan merasakan kenyamanan karena untuk menuju lokasi saat ini telah dibangun dengan sedemikian rupa nyamannya. Di sepanjang jalan pun Anda akan menemui warung-warung kecil yang menjual minuman dan makanan ringan. Disana juga Anda bisa mencoba untuk mencicipi makanan khas yang ada disana yaitu Nasi Kaput. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Anda akan berjalan dibawah rindangnya pepohonan. Karena perjalanan menuju air terjun agak jauh maka sebaiknya Anda membawa makanan dan minuman karena perjalanan akan terasa melelahkan pada saat jalanan mulai menanjak dan harus menaiki tangga. Sesampainya di tempat lokasi, pastinya semua orang akan terpana melihat air terjun yang begitu indah. Anda bisa melihat bahwa air yang keluar seolah-olah berasal dari rimbunan tumbuhan. Air terjun ini terjunan airnya berbentuk seperti kelambu yang memiliki 3 tingkat. Tingkat teratas airnya langsung dari mata air dengan ketinggian 30 m. Tingkat kedua adalah lanjutan dari tingkat teratas ketinggian 10 m. Tingkat ketiga ketinggiannya hanya sekitar 5 m. Ada hal menarik dari air terjun ini yaitu Anda dapat meminum airnya secara langsung karena berasal dari mata air.

Tips Berwisata Ke Air Terjun Benang Kelambu

Adapun tips yang dapat bermanfaat bagi Anda yang akan berwisata ke Air Terjun Benang Kelambu ini diantaranya yaitu:

  • Bawa handuk serta pakaian ganti
  • Apabila Anda berkunjung pada saat musim hujan, jangan lupa membawa jas hujan atau payung
  • Hati-hatilah pada saat Anda berada di bawah air terjun, hal itu karena bebatuan yang terdapat disana lumayan licin serta tajam
  • Pakai alas kaki yang tidak licin dan nyaman
  • Apabila ingin mengabadikan momen lewat foto, pastikan kamera terlindung dari berbagai percikan air
  • Usahakan untuk menjaga kebersihan, keasrian sekitar area air terjun, serta buanglah sampah pada tempatnya
  • Sangat disarankan supaya beranjak dari tempat wisata tersebut sebelum jam 5 sore.