Wisata Pantai Tanjung Aan yang Super Cantik

Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) memang mempunyai keindahan alam yang masih alami dan belum tercemar. Salah satunya adalah wisata Pantai Tanjung Aan. Anda ingin pergi ke tempat yang sepi dan bisa merasakan kedamaian? Maka wisata Pantai Tanjung Aan adalah pilihan yang tepat. Bahkan pantai ini pun serasa milik pribadi karena memang belum banyak yang mengunjungi pantai ini jika dibandingkan dengan Pantai Kuta Lombok. Pantai Tanjung Aan mulai populer setelah penyanyi cantik Isyana Sarasvati syuting video musik ‘Mimpi’ di pantai ini. Pantai ini juga semakin populer karena mempunyai dua sisi pantai yang berbeda namun sama-sama akan membuat Anda berdecak kagum. Perbedaan yang paling mencolok dari Pantai Tanjung Aan adalah kedua sisi pantainya yang dipisahkan oleh pasir.

Keunikan Wisata Pantai Tanjung Aan

wisata Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan

Jika Anda mengunjungi wisat Pantai Tanjung Aan, maka Anda akan menemukan fakta bahwa di sebelah kiri Tanjung Aan ada pantai yang pasirnya berwarna kuning kecokelatan. Masyarakat setempat menamai Pantai Tanjung Aan sebagai Pantai Merica karena pasir di sebelah kiri pantai tersebut bertekstur bulat seperti merica. Ukuran pasirnya pun besar-besar tidak seperti pasir pantai pada umumnya. Sedangkan di sisi kanan wisata Pantai Tanjung Aan, masyarakat setempat menyebutnya Pantai Tanjung Aan karena mempunyai pasir pantai yang normal. Pasir di sisi ini berwarna seputih tepung dan butiran-butirannya pun halus seperti pasir pantai pada umumnya. Keseluruhan Pantai Tanjung Aan mempunyai garis melengkung dengan panjang kurang lebih 5 km. Hamparan pasir pantai yang berbeda tersebut akan terlihat lebih cantik jika dilihat dari ketinggian Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan mempunyai air berwarna biru kehijauan yang akan menyegarkan mata Anda. Komposisi antara pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang biru kehijauan, bukit yang hijau, dan langit cerah berwarna biru, sangat saying untuk dilewatkan. Tentunya di saat cuaca sedang cerah, Anda seharusnya mengabadikan keindahan pantai ini dengan kamera kesayangan Anda. Terkadang ada juga beberapa nelayan setempat yang menambatkan perahu mereka di bibir pantai. Para nelayan juga menawarkan jasa mereka untuk menuju ke Batu Payung. Batu ini merupakan sebuah batu yang terletak di tepi tebing dan bentuknya tentu saja seperti namanya, yaitu mirip payung.

Pemandangan di Sekitar Wisata Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan lombok
pantai tanjung aan lombok

Selain Pantai Tanjung Aan itu sendiri, di sekitar pantai ada pula Batu Payung yang kini semakin terkenal berkat iklan rokok yang mengambil gambarnya di sini. Daerah di sekitar Batu Payung juga sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Apa yang bisa Anda lakukan di sini? Selain berenang, snorkeling, dan diving, Anda pun juga bisa surfing. Ombak di Tanjung Aan tinggi dan panjang namun masih tetap aman untuk surfing. Namun sayang sekali Anda tidak bisa menginap di sini lantaran belum ada hotel atau resort di sekitar pantai. Jika Anda tertarik untuk mendirikan tenda, bisa saja. Namun jika Anda menginginkan tempat bermalam yang nyaman maka bisa melipir ke hotel atau resort di kawasan Pantai Kuta Lombok.

Jangan lupa untuk mendaki puncak Bukit Merese yang berada tepat di samping barat Pantai Tanjung Aan. Sesampainya di puncak, maka Anda akan mendapatkan pemandangan yang benar-benar akan membuat Anda menahan napas dan berdecak kagum. Di sini lah Anda bisa melihat kecantikan Tanjung Aan lebih maksimal. Apalagi jika Anda melihat sunset di sini, maka bukan hanya kecantikannya saja yang Anda rasakan, keromantisan pun bisa dirasakan di sini.

Wisata Pantai Tanjung Aan memang merupakan salah satu wisata andalan pulau Lombok. Segera kunjungi pantai ini dan lihat sendiri bagaimana indahnya pantai di lombok yang satu ini.