4 Wisata yang Menarik di Lombok Tengah

Dari berbagai wisata di Pulau Lombok, Anda tidak boleh melewatkan wisata yang ada di wilayah Lombok Tengah.Di sini, Anda bisa menemukan tempat untuk bermain di pantai yang indah.Selain itu, Anda juga bisa berwisata di tengah desa di Lombok Tengah untuk melihat tradisi asli suku Sasak.Bahkan, Anda bisa belajar menenun sekaligus membeli cinderamata untuk di bawah pulang.Nah, berikut adalah 4 wisata yang menarik di Lombok Tengah yang sayang dilewatkan saat liburan di Pulau Lombok.

Wisata yang Menarik di Lombok Tengah untuk Bermain di Pantai

pantai kuta lombok tengah
pantai kuta lombok tengah

Lombok Tengah menawarkan pantai yang indah yaitu Kuta Lombok. Tak kalah indah dengan pantai Kuta yang ada di Bali, pantai Kuta di Lombok juga menawarkan keindahan pantai pasir putih dan air laut yang jernih.Hal ini dikarenakan pengunjung dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati permainan air lain seperti banana boat, jet ski, dan lainnya. Jika beruntung, maka Anda bisa menyaksikan upacara Bau Nyale. Upacara tradisi suku Sasak ini hanya diadakan setiap setahun sekali sehingga membuat Pantai Kuta Lombok menjadi salah satu wisata yang menarik di Lombok Tengah. Berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok, Kuta Lombok dapat dicapai dengan mudah dengan kendaraan bermotor.Anda juga bisa dengan mudah menemukan akomodasi menginap dan tempat makan untuk menghabiskan malam di sini.

Masih belum puas bermain di Kuta Lombok? Jangan pergi dulu.Masih ada satu pantai yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Tanjung Aan Lombok. Hanya berjarak 3 km dari Kuta Lombok, pantai Tanjung Aan merupakan wisata yang menarik di Lombok Tengah karena tipe pasir pantainya. Di satu sisi pasirnya halus seperti butiran gula, sedangkan di sisi lain lebih kasar seperti butiran merica. Yang lebih menarik lagi, ombak di pantai ini sangat tenang sehingga sangat cocok untuk berenang sembari melihat pemandangan bawah lautnya. Di sekeliling pantai, Anda bisa dengan mudah menemukan persewaan alat snorkeling. Lelah berjalan sepanjang pantai? Anda bisa bersantai di bawah payung jerami yang disediakan di sepanjang pantai.

Wisata yang Menarik di Lombok Tengah untuk Belajar Menenun

desa sukarara tenun
desa sukarara tenun

Nah, jika bertanya mengenai pusat industri tenun yang ada di Pulau Lombok, maka Desa Sukarara adalah jawabannya. Sepanjang perjalanan menyusuri desa, Anda akan menemukan banyak toko-toko yang menjual kain songket dengan varian harga yang berbeda-beda. Tidak hanya menjual kainnya, Anda juga akan berjumpa dengan wanita-wanita yang menenun secara langsung. Telah menjadi tradisi di desa ini, para wanita diwajibkan belajar menenun sebelum dapat menikah.Jadi, jangan hanya sekedar melihat mereka menenun. Anda juga bisa meminta mereka mengajari bagaimana cara menenun secara langsung. Inilah mengapa Desa Sukarara menjadi salah satu wisata di Lombok Tengah, terutama bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh tenun asli dari Pulau Lombok.

desa sade lombok
desa sade lombok

Bukan hanya Sukarara, masih ada Desa Sade yang terkenal dengan tradisi lokalnya. Wisata yang menarik di Lombok Tengah ini terletak di desa Rembitan, tepat berbatasan dengan jalan raya.Desa ini dihuni oleh suku asli Sasak yang mempertahankan tradisinya. Anda akan langsung menjumpai rumah tradisional yang terbuat dari bambu, jerami, dan tanah liat. Bahkan jika beruntung, maka Anda bisa menyaksikan warga mengepel lantainya dengan kotoran kerbau.Menurut kepercayaan, kotoran kerbau dapat mengusir nyamuk dan membuat ruangan menjadi lebih hangat.Sebelum mengakhiri perjalanan, jangan lupa mampir untuk membeli cinderamata dari Desa Sade.Anda bisa membeli kain tenun songket atau aksesoris yang terbuat dari pahatan batu.Semuanya asli dibuat oleh warga desa Sade.