Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Terdapat berbagai wisata yang wajib dikunjungi ke Lombok. Apabila Anda berkesempatan pergi ke Lombok, maka Anda harus pergi ke berbagai tempat berikut agar semakin afdol. Berbicara mengenai wisata yang wajib dikunjungi di Lombok, ada banyak daftar nama tempat yang siap menanti para wisatawan. Tak perlu berlama-lama, mari kita intip 3 destinasi wisata paling popular di pulau Lombok ini.

3 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok

Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok
Wisata yang Wajib Dikunjungi di Lombok

1. Taman Narmada
Wisata yang wajib dikunjungi di Lombok salah satunya adalah Taman Narmada. Taman ini berlokasi di Desa Lembuak, tepatnya berada di sebelah timur Kota Mataram dengan luas lahan 2 hektar. Menurut sejarah, Taman Narmada dibangun oleh Raja Mataram pada tahun 1727. Dulunya tempat ini merupakan tempat istirahat orang-orang kerajaan sekaligus sebagai tempat untuk upacara adat. Akan tetapi lama kelamaan tempat ini menjadi wisata seperti yang sekarang ini. Taman Narmada memiliki keunikan lain yaitu terletak pada desainnya yang unik berupa replika Gunung Rinjani.

Yang lebih unik lagi, terdapat sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa membuat siapapun yang meminum dan membasuhkan air tersebut ke muka akan menjadi awet muda. Walaupun kita tidak tahu benar atau tidaknya kepercayaan tersebut, namun banyak orang yang sering mengambil air dari Taman Narmada. Orang-orang disana sangat percaya dengan nilai-nilai spiritual yang berasal dari leluhur mereka. Sehingga Taman Narmada adalah salah satu wisata di Lombok yang menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

2. Air Terjun Sendang Gile
Selain Taman Narmada, ada lagi salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Lombok yang berhubungan dengan air suci yaitu Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini berada di Lombok Utara. Butuh waktu sekitar 3 jam dari Kota Mataram untuk menuju Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini berada di Desa Senaru sebagai pintu masuknya, desa ini juga digunakan sebagai salah satu track untuk mendaki Gunung Rinjani.

Seperti sudah disebutka sebelumnya, air yang berada di Air Terjung Sendang Gile ini dipercaya sebagai air suci sama seperti yang ada di Taman Narmada. Airnya bisa membuat panjang umur dan awet muda ketika kita meminumnya atau hanya sekedar membasuhkan air ke muka. Untuk dapat merasakan air suci tersebut, Anda harus menaiki tangga sebanyak 200 anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Sendang Gile.

Danau Segara Anak
Danau Segara Anak

3. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah tempat wisata Lombok yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang merupakan pecinta alam sejati. Untuk menuju Danau Segara Anak, berarti Anda juga harus melewati jalur pendakian Gunung Rinjani karena memang lokasinya dekat dengan kawah Gunung Rinjani. Masyarakat lokal mengatakan bahwa danai ini sebenarnya adalah laut yang pecah sampai di atas pulau, hal ini dikarenakan warna air di Danau Segara Anak berwarna biru sama seperti warna biru air laut. Karena itulah disebut sebagai laut yang pecah.

Jika Anda mengunjungi Danau Segara Anak pada sore hari, maka air di danau tersebut akan berpantulkan senja yang manis. Di danau ini jugalah Anda bisa menikmati pendakian Gunung Rinjani secara lengkap. Anda bisa memilih menggunakan biro perjalanan yang nanti akan membawa Anda menuju ke Danau Segara Anak, bahkan sudah disiapkan tempat menginap di pinggir danau. Persiapkan stamina yang oke karena Anda akan berjalan kaki selama 9 jam untuk menuju Danau Segara Anak. Mungkin memang melelahkan tapi semua rasa lelah Anda akan terbayar dengan indahnya ketika melihat pemandangan wisata yang wajib dikunjungi di Lombok yang sangat eksotis ini.